SABUROmedia, Ambon — Fakultas Teknik Universitas Pattimura melaksanakan pencanangan Dies Natalis ke-54 dengan tema “ Bersama Bergerak Maju Membangun Potensi Sumber Daya Fakultas Teknik Yang Unggul ”.

 

Acara ini berlangsung di Pelataran Fakultas Teknik pada hari Jumat, (15/03/24).

 

Pencanangan dies natalis ini diawali dengan jalan santai berhadiah yang diikuti oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy., M.Pd., para wakil rektor., Direktur Pascasarjana Unpatti., Ketua LP3MP Unpatti., Senat Fakultas Teknik, para dekan., perwakilan bank mitra dari Bank Mandiri, BRI dan BNI., perwakilan UMKM Kota Ambon, perwakilan PT Wuling dan PT Modern Multiguna serta seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan dalam lingkup Fakultas Teknik.

 

Usai jalan santai, peserta melakukan Senam Sehat bersama kemudian penarikan kupon, pembagian doorprize dan hadiah hiburan oleh Rektor, dan selanjutnya beberapa pejabat juga berkesempatan untuk memberikan hadiah hiburan lainnya bagi peserta.

 

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Pieter Th. Berhitu., ST., M.T dalam sambutannya mengatakan, dalam memasuki usia ke-54 tahun, tentu dilakukan evaluasi bersama demi kemajuan Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

 

Usia ke-54 tahun juga merupakan usia yang cukup matang dan karena itu tema yang diangkat saat ini sangatlah penting bagi seluruh arah pengembangan Fakultas Teknik, yang sesuai dengan Visi dan Misi fakultas, tetapi juga terintegrasi dengan Visi dan Misi Universitas Pattimura.

 

“ Dalam upaya untuk membangun kebersamaan maupun kemajuan Fakultas Teknik di usia yang ke-54 tahun ini maka kami butuh sinergitas dan kerjasama dengan semua pihak. Hal ini tentu mengacu pada indikator kinerja utama guna untuk pembenahan baik dari sisi akademik, sarana dan pra-sarana, maupun kualitas sumberdaya manusia. Saat ini hal yang harus diprioritaskan oleh fakultas Teknik adalah pencapaian akreditasi Baik dan bahkan terlebih dari pada itu kita harus menuju pada akreditas Unggul, ” ujar dekan.

 

Di usia yang ke-54 tahun ini, dekan berharap lahirnya guru besar di Fakultas Teknik, dan senada dengan itu akan dilakukan pengembangan dibidang akademik dengan skala prioritas utama yaitu pembukaan program pascasarjana.

 

Kesempatan yang sama, Rektor Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengatakan, pendirian Fakultas Teknik Universitas Pattimura dimulai pada Tahun 1961, dimana embrio dari fakultas ini bernama Fakultas Teknologi Ambon (FTA), dan peresmian dari Fakultas Teknik dilakukan pada Tanggal 16 April 1970 oleh Presiden Republik Indonesia yang ke-2, Soeharto.

 

Peringatan Dies Natalis merupakan sebuah momentum lahirnya sebuah lembaga pendidikan, dan ada tiga makna yang terkandung didalamnya yaitu historis (sejarah lahirnya sebuah lembaga pendidikan), menumbuhkan semangat/tekad dan membangun kolaborasi/ kerjasama.

 

“ Hal ini perlu dilakukan agar Fakultas Teknik Universitas Pattimura di usia yang ke-54 tahun semakin berkembang, maju dan unggul dalam membangun sumberdaya,” imbuh rektor.

 

Prof. Leiwakabessy menambahkan, untuk mendapatkan akreditas unggul di fakultas ini tentu dibutuhkan kerjasama, semangat/tekad, serta dilakukan berbagai macam perbaikan diantaranya perbaikan kurikulum (akademik) maupun pengembangan sarana dan pra-sarana.

 

 

Rektor berharap, semoga Fakultas Teknik semakin lebih baik dan unggul serta menata kampus Universitas Pattimura agar tetap BERSINAR (BERSih, Integriti, siNergi dan kARakter) untuk World Class University.

 

Usai memberikan sambutan, penabuhan tifa dilakukan oleh rektor yang dampingi para pejabat sebagai tanda bulan pencanangan dimulai yang akan diisi dengan berbagai kegiatan baik lomba-lomba maupun hingga pada puncak dies di Tanggal 16 April mendatang.

 

Acara ditutup dengan pembagian takjil puasa bagi seluruh hadirin yang hadir. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *