SABUROmedia, Ambon — Universitas Pattimura siap menjadi Tuan Rumah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XII Tahun 2024.

 

Visitasi Kesiapan Universitas Pattimura terkait pelaksanaan kegiatan KKN Kebangsaan itu, dilakukan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, 29 Februari 2024.

 

KKN Kebangsaan merupakan kegiatan dari perwujudan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memadukan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam satu kegiatan. KKN Kebangsaan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi disetiap tahun, dengan mempercayakan salah satu perguruan tinggi sebagai tuan rumah.

 

KKN Kebangsaan menjadi program nasional yang dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air, wawasan dan jiwa kebangsaan serta patriotisme mahasiswa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Menjadi wadah komunikasi, pertukaran ide serta membangun jejaring bagi mahasiswa dari seluruh tanah air dalam mempersiapkan dan mematangkan diri sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang dan siap mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan negara.

 

“ kami perlu melakukan koordinasi dan visitasi terhadap calon tuan rumah pelaksanaan KKN Kebangsaan dan ini menjadi kehormatan bagi Direktorat BELMAWA atas pengajuan Universitas Pattimura, salah satu Universitas di Timur Indonesia sebagai tuan penyelenggara KKN Kebangsaan “. Hal ini disampaiakan Dhaniek Wardhanie, S.S,, dari Tim Direktorat Belmawa memulai pertemuan.

 

Direncanakan para Mahasiswa KKN Kebangsaan akan melakukan kegiatannya pada 5 Lokasi tujuan yakni Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat pada Juli – agustus 2024 mendatang.

 

Dengan berbagai kegiatan dan program yang sesuai dengan kondisi dan potensi daerah dan masyarakat setempat serta target kontribusi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan. Hal ini tergambar dari paparan yang disampaikan oleh Ketua Pengelola Mata Kuliah KKN Universitas Pattimura Dr. S. Ritiauw, M.Pd.

 

 

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy berharap gambaran terkait kesiapan unpatti yang disampaikan dalam pertemuan kali ini, dan berbagai arahan serta penguatan dari Tim Belmawa, akan membuat Unpatti semakin siap pada bulan Juli dan Agustus 2024 yang akan datang dan para mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik dan Vokasi, Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Keagamaan dapat mengikuti kegiatan KKN kebangsaaan ini dengan baik.

 

“ berharap nilai idiologi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan 4 pilar kebangsaan dapat diimplementasi dan menjadi penguatan dalam melaksanakan kegiatan KKN kebangsaan “ ujarnya .

 

Direncanakan para Dosen Pendamping Lapangan (DPL) berbagai perguruan tinggi akan mengirimkan delegasi dan mengunjungi desa-desa dan memastikan kesiapan menerima mahasiswa KKN Kebangsaan.

 

Univeritas Pattimura akan terus berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/ Kabupaten dan stakeholder pendukung lainnya untuk memuluskan kegiatan ini. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *