SABUROmedia, Ambon – Pj Walikota Ambon menghadiri Deklarasi dan Pengukuhan Ikatan Wanita Sulawesi Tenggara (IWST) Maluku Periode 2023 – 2028 yang di Ketuai Hj Siti Saodah Lasima, Sekretaris Wa Ode Nuryati dan Bendahara Lisnawati.

 

Mengawali Sambutannya, Ketua IWST Maluku Ibu Hj Siti Saodah Lasima menyampaikan Terima Kasih kepada Pj Walikota Ambon yang telah hadir ditengah kesibukan beliau yang cukup padat, dapat meluangkan waktu untuk bersama – sama dalam acara Pengukuhan IWST Maluku. Beliau berharap kegiatan ini menjadi media silaturahim antar warga Maluku asal Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam memperkuat hubungan persaudaraan sejati hidup orang basudara didaerah ini, ucapnya.

 

“ IWST sebagai organisasi yang berdiri sendiri, menghimpun Masyarakat Maluku khususnya Perempuan asal Sultra, memiliki dua tanggungjawab, yakni menjadikan wadah ini sebagai media perjumpaan dan silaturahim antar warga Maluku asal Sultra, sekaligus membahas dan mengkonsolidasikan berbagai program internal organisasi, yang akan menjadi media untuk mendorong warganya terintegrasi total menjadi warga Maluku, “ tambahnya, yang juga mantan Pj Kades Waiheru ini.

 

Hal ini sesuai bunyi pepatah “ Di Mana Bumi Berpijak Di Situ Langit Dijunjung “. Melalui momentum ini, IWST berkomitmen untuk bersinergi dengan semua elemen masyarakat Maluku, teristimewa Pemerintah Daerah Maluku dan Kab/ Kota Se-Maluku untuk berkontribusi secara optimal dan professional tidak hanya dalam kehidupan berorganisasi, namun juga dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Maluku, sambung ASN Disnaker Kota Ambon ini.

 

Mengakhiri Sambutannya, beliau mengajak untuk sama – sama menjaga hubungan silaturahmi serta kekeluargaan sesama orang basudara Maluku, khususnya Kota Ambon, seperti semboyan orang Maluku “ Potong di Kuku Rasa di Daging, Ale Rasa Beta Rasa, juga Falsafah Hidup Orang Sultra “ Puma’a, Maasiakka, Pubinci – Pubinci Kuli, himbaunya.

 

“ Mbolimo Karo Sumanomo Lipu, Mbolimo Lipu Sumanomo Sarah, Mbolimo Sarah Sumananomo Adati, Mbolimo Adati Sumanomo Agama, semoga kedepan IWST bisa bermanfaat bagi banyak orang, terus bisa bersinergi dan kolaborasi dengan banyak pihak, “ tutupnya.

 

Sementara itu, Pj Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena berkesempatan mengukuhkan berdirinya Pengurus IWST Maluku, sekaligus Membuka Kandea (Tutup Makanan Adat Buton) sekaligus mencicipinya, sebelum dibagikan ke para tamu dan undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya beliau menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Ambon mengucapkan selamat atas berdirinya IWST serta kepada seluruh pengurus yang telah dikukuhkan tadi, ujarnya.

 

“ Kehadiran Pemerintah hari ini memberikan bukti bahwa kami selalu mendukung setiap  upaya – upaya yang dibuat untuk kebaikan Kota ini, apalagi dirangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, karena itu hadir hari ini untuk memberikan bukti bahwa Pemkot mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan di Kota ini dalam upaya bersama – sama untuk membangun Kota ini sesuai dengan yang kita cita – citakan bersama, “ ujarnya.

 

“ Dalam perjalanan bersama kita di Kota ini, selalu Saya katakan begini, semua orang yang sudah memiliki identitas warga Kota Ambon dia harus menempatkan Kota Ambon dalam posisi terdepan. Jadi, hari ini Bapak dan Ibu adalah orang Ambon asal Sulawesi Tenggara, jangan dibolak – balik, yang benar adalah orang Ambon asal Sultra, begitu juga yang lain, biar Ambon yang dimuka, “ pinta beliau.

 

“ Bayangkan katong dolo di Siwang, ada satu kampong yang tinggal basudara asal Sulawesi Tenggara, jadi dari dolo – dolo sudah memang hidup bersama – sama, jadi tidak heran lagi. Jangan katong campori masalah kerahiman kita masing – masing, masalah suku dan agama rahmat Tuhan kepada katong semua, dimana jika beta dilahirkan di Sulawesi Tenggara bisa jadi beta orang Buton saat ini, dan begitu juga katong semua, jadi jangan jadikan hal ini pembeda. Yang lalu biarlah berlalu, mari katong bersama – sama membangun Kota ini pada saatnya nanti, ajaknya beliau.

 

Pelantikan IWST ini turut dihadiri Pj Walikota Ambon dan beberapa OPD, Kesbangpol Maluku, Ketua Umum DPW BKPRMI Maluku, APKLI, Bankompol Kamtibmas Nuri Maluku, Kecamatan dan Pemdes Hunuth, Babinsa, Babin kamtibmas Organisasi wanita dan tokoh masyarakat Sultra di Kota Ambon serta undangan lainnya yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Jum’at (06/10/2023).

 

Hadir Ustadz Ma’ruf Mamulati., S.Ag membawakan Hikmah Maulid dan Ibu – Ibu IWST yang bacakan Rawi Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

Ahmad Ilham Sipahutar, Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Maluku yang diundang dan turut hadir, ikut memberikan ucapan selamat kepada Hj Siti Saodah Lasima yang terpilih sebagai Ketua dan Pengurus yang dilantik, semoga kedepan Organisasi ini sesuai Visi Misinya bisa maju dan bermanfaat bagi Masyarakat banyak, harapnya.

 

“Alhamdulillah masyarakat Sultra bisa bergaul dengan harmonisasi dengan seluruh masyarakat di Maluku, sehingga Bumi SIWALIMA tetap kondusif. Artinya sudah tidak ada lagi sekat-sekat suku bangsa di antara kita. Kita sudah merasa sebagai bagian yang satu kesatuan dalam NKRI,” tandas Ilham, yang juga Fungsionaris Ikatan Lipamangau Gunung Sejuk Buton Selatan (IKALIPMAGUS) Ambon ini.

 

” Kita semua bersaudara, oleh karena itu, semua harus menjaga kerukunan dan persaudaraan untuk persatuan Indonesia yang bhinneka. Apalagi pada era seperti sekarang, semua harus saling hormat menghormati dan saling bergandengan tangan dalam mengisi pembangunan,” akhir Ilham, yang juga di BKMM ini. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *