SABUROmedia, Baubau — KPU Provinsi Maluku bersama KPU Kota Ambon menyerahkan Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 ke KPU Kota Baubau. Kegiatan tersebut berlangsung di Pelataran Kantor KPU Kota Baubau, Minggu (11/06/2023).

 

Peserta kirab Pemilu 2024 Zona VII dari Provinsi Maluku tiba di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggunakan transportasi Kapal laut Pelni.

 

Kedatangan rombongan Peserta Kirab ini disambut secara meriah oleh KPU Provinsi Sultra, Bawaslu Sultra beserta Anggota PPK dan PPS Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara, juga ikut dihadiri Walikota Baubau, Forkopimda Sultra, Ketua DPRD Kota Baubau, Kabag SDM Polres Kota Baubau, Dandim 1413/Buton, Danramil 1413-01/Wolio, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Baubau, Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2024 tingkat Kota Baubau maupun Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

 

Hadir bersama juga Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, Anggota KPU Provinsi Hanafi Renwarin Selaku Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM beserta jajaran Sekretariat KPU Provinsi Maluku.

 

Ditempat yang sama Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, mengatakan kirab Pemilu telah berjalan dengan lancar di 6 Kabupaten/Kota di Maluku dan saat ini kirab Pemilu dilanjutkan di Sulawesi Tenggara.

 

“ Kirab Pemilu ini kita masuk zona VII yang berjalan dari Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, kemudian Provinsi Maluku. Dan hari ini kita serah terimakan Pataka kirab bendera Merah Putih, bendera KPU dan bendera 18 Parpol Peserta Pemilu kepada KPU Kota Baubau sebagai titik awal di Sulawesi Tenggara,” ucap Rifan Kubangun, Ketua KPU Provinsi Maluku.

 

Penyerahan Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 oleh Pimpinan KPU Kota Ambon ke KPU Kota Bau-Bau. Serah terima ini merupakan rangkaian dari kegiatan Kirab Pemilu Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kabupaten/ Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Dalam acara serah terima Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 kepada KPU Kota Bau-Bau, juga di sampaikan laporan Tim Kirab Provinsi Maluku oleh  Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun.

 

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyerahan Kirab Pemilu Tahun 2024 oleh KPU Kota Ambon dan KPU Kota Bau-Bau

 

Sementara itu, Ketua KPU Sultra, Asril mengatakan substansi dari kegiatan kirab Pemilu 2024 adalah giat mensosialisasikan Pemilu secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat.

 

Melalui kirab Pemilu yang akan berlangsung selama tujuh hari di Kota Baubau sebagai titik kirab pertama di Sultra, akan diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat luas berkaitan dengan pesta demokrasi yang akan berlangsung di tahun 2024 mendatang. Meliputi pemilihan Anggota DPR RI, DPD, DPRD, Pilpres hingga Pemilihan Kepala Daerah.

 

“ Kita harapkan selama tujuh hari ini dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Baubau. Sehingga kedepan pada 14 Februari 2024 partisipasi masyarakat bisa meningkat, yang tadinya di Kota Baubau hanya 73 persen lebih, tidak mencapai target Nasional. Kedepan kita akan tingkatkan minimal melampaui target Nasional 77,5 persen,” jelasnya.

 

 

Ditempat yang sama Ketua KPU Baubau, Edy Sabara membacakan Deklarasi Pemilu 2024 yang diikuti oleh seluruh tamu yang hadir dalam penyambutan kirab Pemilu.

 

“ Kami Penyelenggara Pemilu dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu menyatakan dan berkomitmen untuk, mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa. Melaksanakan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang berintegritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil. Mewujudkan Pemilu tahun 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkas Ketua KPU Baubau ini.

 

Di Sultra, kirab Pemilu akan singgah di lima daerah, masing-masing Kota Baubau kemudian lanjut ke Kabupaten Muna kemudian Kota Kendari, Konawe dan Konawe Utara. Selanjutnya kirab akan diserah terimakan kepada KPU Provinsi Sulawesi Tengah yang titik pertamanya di Kabupaten Morowali. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *