SABUROmedia, SBB — Peribahasa “ala bisa karena biasa”, patut disematkan pada pencapaian SMP Negeri 1 Seram Barat dalam ajang lomba cerdas cermat memperebutkan Piala Kapolres SBB  Cup 2023,  dimana SMP yang berlokasi di Jalan Pendidikan, Dusun Tanopol, Kota Piru ini meraih kampiun.

 

Ketika ditanyakan apa kiat dari SMP Negeri 1 Piru, menjuarai ajang Kapolres SBB Cup ditingkat SMP tersebut, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Seram Barat, Roy Lethulur S.Pd yang ditemui di sekolahnya,pada Jumat, (26/5/2023), Lethulur  menyatakan, tidak ada persiapan khusus menghadapi lomba tersebut, tetapi sejak awal Siswa- Siswi sekolah SMP Negeri 1 Seram Barat sudah dipersiapkan secara interen melalui ajang cerdas cermat tingkat antar kelas di sekolah tersebut.

 

“Jadi kami bikin biasanya untuk kelas 7 sendiri, kelas 8 sendiri dan kelas 9 sendiri, jadi anak – anak sudah terbiasa dengan lomba cerdas cermat, sehingga saat ajang lomba cerdas cermat tingkat Kabupaten anak – anak siap” jabar Lethulur.

 

Menurut Kepsek yang sebelumnya bertugas di SMP Ariate ini, ketika menghadapi ajang cerdas cermat Kapolres SBB Cup 2023, ada 7 Guru Mata Pelajaran yang ditugaskan untuk menseleksi 20 siswa, untuk diambil 3 orang yang terbaik .

 

Lethulur menambahkan, berdasarkan pantauannya soal – soal yang ditanyakan saat lomba cerdas cermat itu, adalah soal – soal yang  sudah biasa ditanyakan saat lomba cerdas – cermat antar kelas disekolahnya .

 

“Jadi istilahnya itu pertanyaan – pertanyaan aer – aer saja oh ” cetusnya.

 

Meski begitu, Lethulur tidak menampik bahwa partai final cerdas – cermat dimana SMP Negeri 1 berhadapan dengan SMP Kristen Murnateng berlangsung tegang, dimana pada akhir pertandingan kedua tim meraih poin yang sama.

 

Sehingga, akhirnya panitia pertandingan menambahkan satu pertanyaan rebutan, yang langsung dijawab oleh peserta dari SMPN 1 Seram Barat  walaupun pertanyaannya belum selesai.

 

Kemenangan yang diraih SMP Negeri 1 Seram Barat ini, cukup menyelamatkan wajah pendidikan di Kota Piru, sebagai Ibu kota Kabupaten  yang semestinya menjadi barometer bagi pendidikan di Kabupaten ini,  pasalnya pada lomba cerdas cermat tingkat SMA/SMK / MA wakil dari dari SMA/SMK / MA yang berada di Kota Piru gagal menunjukkan prestasi terbaik.

 

Sebagai informasi,adapun hasil lengkap lomba cerdas cermat Piala Kapolres SBB Tahun 2023 tersebut adalah,  untuk tingkat SMP/MTs Juara 1 diraih SMP Negeri 1 Seram Barat, Juara 2 SMP Kristen Mornateng, Juara 3, SMP Negeri 7 Seram Barat

 

Untuk Tingkat SMA,/ SMK / MA  Juara 1 diraih SMA Negeri 16  SBB ( P Manipa), juara 2 SMA PGRI 2 Kairatu dan Juara 3 SMA Negeri 3  SBB ( Waisamu). (SM-NKSBB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *