SABUROmedia, Malteng — Yayasan Silaturahim Provinsi Maluku bersama Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPW BKPRMI) Provinsi Maluku melaksanakan Jambore Islami di Pantai Negeri Liang, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, 31 Desember 2022 – 1 Januari 2023.

 

Sejalan dengan hal itu, Ketua Yayasan Silaturahim Provinsi Maluku, Hj. Hayani Laturua., S.Sos dalam sambutannya di acara Pembukaan, Sabtu Siang (31/12/22) menyampaikan kalau pelaksanaan kegiatan ini sebagai ajang silaturahim guna meningkatakan tali persaudaraan antar sesama.

 

“ Mari kita jadikan kegiatan Jambore Islami ini sebagai media untuk merenungi bagaimana perjalanan Rasulullah SAW saat berjuang dalam syiar agama ini dimasa lalu, dan kita ambil ibrohnya dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada allah SWT,” ucap beliau.

 

Sedangkan Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Maluku, Ahmad Ilham Sipahutar, diwakili oleh Bendahara Umum DPW BKPRMI Maluku, Ustadzah  Karni Wally., S.Hi yang hadir menyampaikan sambutannya.

 

“ Era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat, “ ujar Fungsionaris FORHATI Kota Ambon ini.

 

“ Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan. Kegiatan Jambore islami ini diharapkan dapat mendidik semua Peserta, baik ibu-ibu ataupun adik ataupun anak-anak muda Pulau Ambon, yang rajin, terampil dan gembira, “ sambung alumni IAIN Ambon ini.

 

Kegiatan ini sendiri dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Maluku, yang diwakili Kepala Bidang Bimas Islam, Ustadz M. Rusdi Latuconsina., S.Ag.

 

Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa kegiatan jambore islami yang dilaksanakan saat ini merupakan gerakan suatu sistem pendidikan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan jambore islami adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa, ujarnya.

 

“ Gerakan ini merupakan kegiatan ekstra kurikuler, tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, serta membina semangat kebersamaan. Gerakan jambore islami diharapkan menjadi wahana untuk mewujudkan karakter bangsa yang berkepribadian, memiliki iman dan taqwa, berjiwa bela negara, toleran dan berkemajuan, “ harap mantan Kepala Kankemenag Kota Ambon ini.

 

 

Sementara itu, Ketua I DPD BKPRMI Pulau Ambon, Ustadz Rizal Pahlevi Umasugi yang hadir sebagai Peserta dengan rombongan DPK BKPRMI Kecamatan Salahutu menyambut baik kegiatan ini, dan semoga hal ini menjadi ajang silaturahim untuk sama – sama bersinergi dalam pembinaan Pemuda Remaja Masjid nantinya, ujar Rizal, yang juga Pengajar di Pondok Pesantren Hidayatullah Liang ini.

 

Kegiatan ini mengusung tema ” Aktualisasi Generasi Muslim Untuk Meningkatkan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Yang Religius, Toleransi, dan Berkemajuan “, yang turut dihadiri Kanwil Kemenag Maluku, Yayasan dan Majelis Taklim Silaturahim Maluku, DPW BKPRMI Maluku, Brimaswil BKPRMI Maluku, DPD BKPRMI Pulau Ambon, Raja Negeri Liang, para Penyuluh KUA Kecamatan Salahutu, Majelis Taklim dan Remas serta para tamu undangan lainnya. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *