SABUROmedia, Bula/SBT – Klinik Apung Said Tuhuleley kembali melaksanakan bakti sosial Ekspedisi Maluku Sehat berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lazismu bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Teluk Waru Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang dimulai sejak Tanggal 09 Agustus – 14 Agustus 2022.

Kegiatan bakti sosial itu dimulai dari sejumlah desa yang ada di Kecamatan Teluk Waru diantaranya Tubir Masiwang, Madak dan terakhir dipusatkan di PKM Teluk Waru yang di suport langsung oleh PKM Air Kasar Kecamatan Tutuk Tolu, Milanisti Indonesia Bula dan juga PKM Teluk Waru yang saat ini menjadi pusat kegiatan bakti sosial tersebut.

Untuk diketahui, Klinik Apung Said Tuhuleley pada bakti sosial ini melaksanakan sejumlah kegiatan meliputi Pemeriksaan Kesehatan, Khitanan, Penyuluhan dan Pemeriksaan Golongan Darah bagi masyarakat setempat.

Kegiatan bakti sosial ini juga mendapatkan apresiasi dari Salma Fesanlau, S.Kep selaku Kepala Puskesmas Teluk Waru, dimana kegiatan yang digelar merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di wilayahnya. Selain itu, memberikan kesan baik bagi warga masyarakat setempat.

“Hari ini sangat luar biasa dan menjadi catatan penting bagi PKM Teluk Waru, dimana ada kegiatan bakti sosial yang bekerja sama dengan Klinik Apung Said Tuhuleley, dengan menggelar kegiatan sunatan massal dan pengobatan grati di PKM Waru,” kata Fesanlau kepada media ini Sabtu (13/08/2022).

Wanita kelahiran 12 Juni 1982 ini juga menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat serta terus merawat silaturahmi dengan masyarakat Teluk Waru khususnya dan menjadi semangat untuk semua elemen masyarakat agar berpartisipasi dalam membangun kesehatan masyarakat.

“Saya secara pribadi sangat bahagia karena bisa membantu masyarakat meringankan beban mereka untuk khitanan massal bagi anak-anak, kalau untuk pengobatan secara gartis mungkin salah satu untuk masyarakat dapat menikmati fasilitas kesehatan yang ada,” tutur Fesanlau.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan kegiatan bakti sosial Ekspedisi Maluku Sehat ini sangatlah bermanfaat dan meminta agar terus di laksanakan di Kecamatan Teluk Waru karena hal ini berdampak baik bagi masyarakat kurang mampu.

“Inilah sebuah persoalan yang harus kita dorong dan mendukung terus terutama bagi masyarakat, karena mungkin mereka berpikir ke PKM barobat tapi mereka tidak ada uang dan rata-rata masyarakat kita disini kan sebagian tidak mampu dalam persoalan pengobatan. Mungkin cara iniilah banyak yang datang di PKM kami bisa edukasi mereka agar semuanya dapat manfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di Teluk Waru,” jelas Fesanlau.

Dikatakan Fesanlau, Untuk pemeriksaan golong darah yang dilakukan karena sampai saat ini banyak masyarakat yang masuk Rumah Sakit tapi kebanyakan dari mereka belum tahu tentang golongan darah mereka.

“Kegiatan ini juga dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di Kecamatan Teluk Waru dalam mengetahui golongan darah mereka, inilah yang mestinya kita terus sosialisasikan program edukasi kepada mereka agar seluruh persoalan kesehatan bisa teratasi dengan baik,” pungkas Fesanlau.(*SM-Br*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *