SABUROmedia, Bula/SBT : – Kapolres Seram Bagian Timur (SBT) AKBP Agus Joko Nugroho, S.H. S.I.K mengikuti prosesi adat pengambilan Air Saminggah di Dusun Bati Kelusi Kabupaten SBT pada Senin/8/8/2022.

Hadir dalam prosesi adat pengambilan Air Saminggah itu, Kompol M. Musaat, S.Hi (Waka Polres SBT, Kapten Infantri Sofian Bin Jafar (Dandramil Geser) IPDA M. Iqbal F. S.Tr.K (Kapolsek Geser), Letda Infantri Syaril Ramdan Lubis Danton Kompi E 731 Kabaresy Bula, AKP Sanusi Tianotak (Kabag Bigmal), Iptu Kadek Boby (Kasat Lantas), IPDA Ramlu Umasugi (Kasat PolAirud), Hj. Yunus (tokoh agama dusun Tabalean), Hj. Dahlan Kilkusa (Tokoh Agama Bati Kelusi), Umar Romoga (tokoh adat), serta masyarakat Bati Kelusi dan Bati Tabalean.

Umar Romoga selaku tokoh adat Bati Kelusi) yang mewakili Dusun Bati Kelusi dan Tabalean dalam sambutannya mengatakan, pendirian SD Negeri 3 Vidial Bati Kelusi mulai berdiri pada tanggal 14 Februari tahun 2021 sampai sekarang ini belum ada pelayanan menyamngkut dengan Dinas Pendidikan di sini.

“Kami harapkan penyampaian dari bapa Kapolres Dinas Pendidikan SBT agar bisa kami punya ruangan tersendiri yang terlepas dari SD 3 sehingga menuju ke proses belajar mengajar itu lebih aman dan tentram, karena yang ada kami pakai adalah rumah orang sehingga kami mengharapkan kepada bapa Kapolres agar hal ini dilanjutkan.

Menyangkut dengan air bersih Romoga mengatakan memberikan air bersih kepada Kapolres Air Saminggah dengan Amanat yang disampaikan sehingga Kapolres dapat menyampaikan kepada Polda untuk bisa diterima langsung sumurnya dengan jarak 2 km.

“Kami memberikan air bersih kepada bapa Kapolres Air Samingah dengan amanat yang kami sampaikan, sehingga air ini bapa Kapolres bisa bantu menyampaikan kepada Polda untuk air bersih diterima langsung sumurnya dengan jarak kira – kira 2 km.”harap Rumoga yang mewakili Dusun Bati Kelusi

Dia juga berharap air itu secepatnya bisa diterima langsung sumurnya sehingga bisa digunakan masyarakat Kelusi dan Tabalean.

“Harapan kami air ini digunakan untuk masyarakat Kelusi dan Masyarakat Tabalean.”Tamba Rumoga

Selain itu, Kapolres SBT dalam sambutannya meminta terimakasih atas dukungan dan sambutan hangat, akrab masyarakat Batu Kelusi.

“Semoga ke-depan kita juga bisa lebih memajukan wilayah Bati dan juga Seram secara keseluruhan”ucap Kapolres

Lanjut Kapolres bahwa, yang sudah disampaikan perwakilan Bati Kelusi untuk menyampaikan 3 hal yang pertama untuk mendirikan sebuah sekolah.

‘Kalau perlu hanya SD, SMP, SMA itu harus. Jangan hanya sebatas SD, anak kita yang ada di sini harus merasakan pendidikan jangan cuma SD, kalau perlu sampai perguruan tinggi.”ucap Kapolres

Dikatakanya Anak – anak yang ada di Gunung Bati perlu cita – cita, itu jangan setengah – setengah biar perlu cita itu lebih tinggi, bisa membangun mengabdi di Negeri sendiri, kalau mengharapkan orang luar hanya keutungan yang ingin dicari tetapi kalau anak Negeri yang membangun sendiri jauh dari rasa untuk mengambil keuntungkan.

“Sesuai dengan kapasitas saya salah satu forkopimda di wilayah Kabupaten SBT tentunya suara rakyat saya yang ada di sini, saya akan sampaikan ke Bupati mungkin ke rekan – rekan saya yang ada di DPRD Kabupaten SBT, Karena untuk membangun suatu sekolah bukan kapasitas Kapolres, saya disini sebatas menyampaikan mengusulkan apa yang menjadi suara saudara saya yang di Gunung Bati.”bebernya

Ditambahakan Kapolres, dengan masalah air bersih ini memang sumber kehidupan, jadi sebisa mungkin kalau memang tidak perlu menunggu dari pemerintah Daerah Kbupaten SBT.

“Kita mungkin punya suadaya, punya dukungan terkait upaya mengalirkan air bersih atau membuat sumber air bersih yang dekat di Gunung Bati. Kalau memang itu saya lakukan sumber daya yang saya miliki Insyaallah akan berusaha agar saudara – saudara yang ada di Bati menikmati air bersih.”ujar Kapolres

Diketahui, prosesi ritual pengambilan Air saminggah itu delilakukan pertama oleh Kepala Dusun Bati Kelusi selaku tokoh adat Dusun Bati Kelusi dan Tabalean, kemudian pengambilan air diikuti Kapolres SBT, serta Waka Polres, Dandramil Geser, Kapolsek Geser, Danki 731 Kabaresi Bula.(*SM-Gris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *