SABUROmedia, Leihitu Barat – Raja Negeri Wakasihu Kecamatan Leihitu Barat, Ahmad Polanunu resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Perdana Tingkat Desa di Halaman Balai Desa Negeri Wakasihu, Sabtu pagi (15/05/2021).

Hadir dalam acara pembukaan, Camat Leihitu Barat, Bapak Jhon Latumeten, Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Maluku, Ahmad Ilham Sipahutar, Ketua Qur’an Center, Ust Ismail Tomagola, LPTQ Maluku, Kepala KUA Leihitu Barat, Kepala KUA Nusaniwe, Imam Masjid Cakmarusalam Wakasihu, dan Dewan Hakim serta Dewan Juri Musabaqoh Tilawatil Qur’an.

Masyarakat Negeri Wakasihu sendiri antusias menyambut pelaksanaan kegiatan ini, bahkan banyak yang sudah hadir dari pagi memadati halaman Balai Desa, dimana acara Pembukaan MTQ ini digelar.

Ketua Panitia, Afifudin Hayale dalam laporan Panitia menyampaikan bahwa ini menjadi MTQ Perdana yang dilaksanakan Remaja Masjid Cakmarusalam Negeri Wakasihu, dimana ada 5 mata lomba, yaitu Lomba Da’i Cilik, Adzan, Tilawah, Hifzil dan Tartil, jelasnya, yang juga anggota Brigade Masjid BKPRMI Maluku ini.

Sedangkan Ust Ismail Tomagola, Ketua Qur’an Center Maluku yang mengawali sambutan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, dimana MTQ Desa mulai bergeliat kembali, dan beliau melalui lembaga Qur’an Center siap membantu kedepannya, baik dari pembinaan maupun dukungan tenaga Hakim atau Juri dalam event – event yang sama nantinya, terutama yang di Pulau Ambon, ujarnya.

“ Kepada para pemenang nantinya, saya minta bisa diprioritaskan untuk ikut MTQ baik tingkat Kecamatan maupun Kabupaten Maluku Tengah kedepan, harap Pengurus LPTQ Maluku ini “.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Maluku, Ahmad Ilham Sipahutar, yang ikut memberikan sambutan, mengapresiasi positif pelaksanaan MTQ tingkat Desa ini.

“ BKPRMI dalam waktu dekat juga akan melaksanakan event Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Maluku, dimana akan ada Lomba Tilawah, Tartil, Tahfidz, Cerdas Cermat Qur’an, Adzan, Nasyid Islami, Menggambar & Mewarnai, Da’i, Kisah Islami, Kaligrafi serta Seni Budaya Islam, hal ini tentunya sebagai sumbangsih BKPRMI  dalam pengembangan Qur’an, jelas mantan Komandan Wilayah Brigade Masjid BKPRMI Maluku ini “

Melalui momentum ini juga, Beliau mengajak Pemerintah dan semua pihak untuk terlibat dalam pembinaan Remaja Masjid yang ada, sudah saatnya kita bentuk, hidupkan dan bangkitkan lagi dalam mendukung pembangunan peradaban islam dari Masjid, tegasnya.

Terakhir, dia berharap agar ada alokasi khusus dari ADD/ DD Negeri maupun Anggaran Kecamatan untuk pembinaan Remaja Masjid kedepan, terutama keberlanjutan MTQ saat ini, tutupnya. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *