SABUROmedia, Piru – RUMAH Inspirasi Iha Ulupia wadah berbasis voluntir di Negeri Iha-Kulur Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar Pesantren Inspirasi Ramadhan 1442H.

Pembukaan agenda tersebut ditandai dengan pelaksanaan Buka Puasa bersama di Gedung TPQ As-Salam Iha Kulur, Jumaat (30/04).

RUMAH Inspirasi sendiri terkonsentrasi pada pendidikan anak dan remaja serta pemberdayaan sosial. Sejak diluncurkan tahun 2016 silam, Rumah Inspirasi telah memiliki Taman Baca Mayarakat (TBM) yang diperuntukan untuk melengkapi kebutuhan masyarakat.

Perihal agenda Pesantren Inspirasi 1442 H, RUMAH Inspirasi didukung oleh Yayasan Insan Cerdas Sejahtera atau dikenal dengan sebutan Yayasan Indah.

Ketua Team Work, Ahmad Bidoyo Putuhena melalui Pers rilis yang diterima media, mengakui pelaksanaan kegiatan tersebut baru digelar.

Dikatakan, Pesantren inspirasi digelar untuk mengisi kekhidmatan ibadah terutama kepada anak-anak dan remaja di Negeri Iha Kulur.

” Pesantren Inspirasi Ramadhan dipandang efektif dalam hal membina karakter anak-anak dan remaja. Belakangan, kasus-kasus sosial selalu menimpa anak-anak membuat kami menitik beratkan target Pesertanya adalah anak-anak dan kalangan remaja,” papar Putuhena.

Pesantren Ramadhan ini 1442 ini, kami selain memberikan edukasi/penggodokan seputar materi aqidah akhlak, juga kami memantapkan dengan kesadaran potensi diri serta perkuat solidaritas hidup orang basudara.

“Menjadikan anak-anak kami sadar akan kemampuan diri, memperkuat naluri kemandirian dan berakhlaqul karimah, rajin belajar (membaca) diluar jam sekolah merupakan target capaian yang kami rancang,” akui Putuhena.

Putuhena merincikan, Peserta yang ditargetkan pihaknya, sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari 3 Sekolah Dasar dan 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Mts.

” Keseluruhan Peserta difasilitasi dengan baju koko/piyama untuk putra dan jilbab untuk putri,” pungkasnya.

Ketua TPQ As-Salam Negeri Iha Kulur, M Yas’a Assawala memberikan apresiasi kepada Rumah Inspirasi atas agenda yang dilangsungkan tersebut.

Diakui, generasi muda perlu mengikuti kegiatan-kegiatan kreatif seperti itu. Mengingat tingkat kenakalan remaja serta sikap dipengaruhi kuat dengan kencangnya teknologi.

” Kegiatan-kegiatan ini penting dilakukan. Kami tentu tertabrakan dengan komitmen Rumah Inspirasi yang dari tahun ke tahun tidak pernah sepi dalam aktivitasnya dinegeri,” akuinya.

Dirinya berharap, Rumah Inspirasi terus melakukan pengabdiannya demi menyelamatkan masa depan generasi.

“Terus berbuat dan berkarya. Insya Allah menjadi ladang amal untuk kita semu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tema pesantren Inspirasi adalah, Ceria dan Cerita Ramadhan 1442 H – Menebar Rahmah, Menggapai Maghfirah Menuju Generasi Mardhotillah.

Top target yang dicanangkan berupa melakukan pendampingan ilmu dan nilai-nilai ke-Islam-an (Al-qur’an, Sholat, Puasa, Zakat/infak, haji dan sikap social anak soleh). Melatih kemandirian, memupuk rasa solidaritas hidup orang saudara, melatih kematangan keterampilan dan kampanye literasi. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *