SABUROmedia, Langgur : – Lembaga Pengelola Proyek Badan Kongres Internasional Forum Budaya Dan Warisan Dunia (BIFBWD) Yayasan Kraton Solo menghibahkan 1000 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya (TS) kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Kepada saburomedia.com, Koordinator BIFBWD Wilayah Maluku, Roland Ngutra usai di terima Bupati Malra Hi M Thaher Hanubun mengatakan, hibah 1000 Unit PJU TS tersebut tertuang dalam surat Kontrak dengan nomor : C.361/SPKK-KP/BIFBWD-JEP/1V/2021 yang ditujukan kepada Direktur PT Julian Egedia Perkasa yang di Kuasakan kepada Roy Saklil dan ditanda tangani Ketua Umum BIFBWD K.P Citropanuwun Al Abdulsalam Aziz.

“Elisa Unitly selaku Direktur PT Julian Egedia Perkasa sudah memberikan surat kuasa kepada Roy Saklil untuk menandatangani perjanjian kontrak di Jakarta dan semuanya sudah selesai tinggal pelaksanaanya saja” ungkap Korwil Maluku Roland Ngutra di Kantor Bupati Maluku Tenggara Senin 25 April 2021.

Lanjutnya, program hibah barang PJU TS ini dalam rangka melaksanakan program kerja badan kongres internasional forum budaya dan warisan dunia dan mengsukseskan program Indonesia Terang sesuai peraturan presiden Republik Indonesia nomor 47 tahun 2017 tentang penyediaan lampu tenaga surya hemat energi, khususnya bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik.

“Penerangan di setiap Desa merupakan prioritas, dan ini sesuai fengan visi dan misi Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Kepres nomor 47 Tahun 2017 yaitu Indonesia Terang” ujarnya

Dijelaskannya, BIFBWD merupakan lembaga pengelola sumber dana baik dari hibah, CSR wakaf beserta dana lain yang bersifat bantuan dari perorangan perusahaan maupun lembaga-lembaga lain baik dari hibah dalam maupun luar negeri serta alternatif lain yang bersumber dari APBN.

Ngutra juga mengatakan, pertimbangan BIFBWD menyalurkan hibah barang dan pemasangan sebanyak 1000 unit PJU TS di Kabupaten Maluku Tengggara karena masih banyak desa atau daerah terpencil yang sangat minim akan penerangan terutama di Kei Besar

Di tempat yang sama, Direktur PT Julian Egedia Perkasa selaku Pelaksana penyaluran dan pemasangan PJU TS menjelaskan bahwa pemasangan lampu tenaga surya di prioritaskan pada Ohoi yang belum mendapatkan penerangan secara baik,

“Kami hanya menunggu daftar nama Desa dan Kecamatan yang akan di lakukan pemasangan PJU TS. saja, nanti Dinas PUPR yang akan menyortir kita hanya melaksanakan” ujar Unitly

Menyoal tentang penyebaran 1000 unit PJU TS di Kabupaten Maluku Tenggara, Unitly mengatakan, ada 11 Kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara yang akan mendapatkan hibah PJU TS ini, namun jumlah per Desaatau Ohoi belum bisa di pastikan, namun dirinya takin bahwa setiap Desa/Ohoi pasti tidak sama.

“Penyebarannya pasti berbeda, tergantung luas, besar dan kecil Ohoi yang akan menerima PJU TS ini” ungkapnya

Untuk itu, Unitly berharap, adanya kerja sama yang baik antara pihaknya dengan pihak Ohoi, sehingga program Presiden Joko Widodo tentang Indonesia terang dapat terlaksana dengan baik, selain itu, Unitly juga meminta agar Lampu Solar Cell ini di jaga dengan baik sehingga bisa menerangi Ohoi di Malam hari. Pintanya (SM-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *