SABUROmedia, Ambon – DPW PKB Maluku mengagas pendirian Rumah Aspirasi Daerah Otonomi Baru (DOB) Maluku di Kota Ambon. Rumah Aspirasi ini akan menjadi ruang komunikasi dan sinkronisasi agenda-agenda perjuangan daerah-daerah yang akan mengusulkan terkait pemekaran nantinya.

“ Rumah Aspirasi DOB Maluku adalah rumah bersama bagi 13 daerah di Maluku yang telah mengajukan adanya Daerah Otonomi Baru. Ini rumah bersama tempat melakukan konsolidasi, komunikasi dan sinkronisasi agenda-agenda penjuangan dalam merealisasikannya”, Ungkap Basri Damis, Ketua DPW PKB Maluku, kepada wartawan di Ambon, (1/4/2021) .

Menurut Basri, upaya realisasi DOB telah memasuki babak baru setelah pembentukan Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi (Forkonas PP-DOB). Sehingga ada peluang bagi daerah-daerah yang selama ini menuntut adanya DOB dapat Kembali memperjuangkan aspirasinya kedepan.

“ Memang betul situasi sekarang masih ada Moratorium DOB yang berlaku sejak 2007. Namun kehadiran Forkonas PP-DOB, menjadi angin segar dan peluang untuk merealisasikan aspirasi DOB tersebut, dalam upaya memperpendek rentang kendali dan percepatan pembangunan daerah” sambungnya.

Menurut Basri, lewat adanya Rumah Aspirasi ini mereka akan melakukan koordinasi dengan Wakil Presiden RI, Bapak Ma’ruf Amin langsung Selaku Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, agar dapat mengeluarkan kebijakan yang sifatnya “extra ordinary policy” nantinya.

“ Kita akan menyampaikan aspirasi lewat Pak Wakil Presiden agar dapat mengeluarkan extra ordinary policy, yaitu sebuah kebijakan khusus berdasarkan pertimbangan keadilan dan pemerataan dan kemanusiaan, agar permohonan DOB di Maluku dapat dikabulkan juga”, jelasnya.

Pihaknya optimis perjuangan ini akan membuahkan hasil dan realisasi DOB di Maluku akan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Kita optimis aspirasi ini akan dapat direalisasikan”, tuturnya.

“Kita akan Satukan Persepsi kembali dan berjuang bersama Dengan target Tahun 2023 atau Tahun 2025 DOB untuk Maluku sudah terlaksana,” Tutur Piet Peere Temmar, Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah DPW PKB Maluku. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *