SABUROmedia, Bursel – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar Forum Lintas antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun anggaran 2022, yang berlansung di Aula Kantor Bupati. Senin, 22/03/2021.

Bupati Buru Selatan Dr. H. Tagop Sudarsono Soulissa, SH.MT dalam sambutanya menyampaikan , untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, responsif, efektif, efisien, dan akuntabel di bidang perencanaan pembangunan daerah, maka tahapan tata cara penyusunan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan mengacu pada pedoman perencanaan daerah yaitu permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara EvaluasI RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Kata Bupati, sebagaimana diketahui forum perangkat Daerah merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang dijadikan sebagai wadah bagi pihak-pihak yang langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan manfaat dari program kegiatan perangkat daerah sebagai bentuk perwujudan pendekatan partisipatif dalam perencanaan pembangunan daerah.”pungkasnya

Lanjutnya, kemudian konkritnya tahapan Forum Lintas OPD ini diadakan untuk melakukan penyelarasan program dan kegiatan hasil Musrembang RKPD Kecamatan dengan program kegiatan pada rancangan kabupaten rencana kerja (Renja) masing-masing OPD, sehingga melalui forum OPD ini hendaknya dijadikan sebagai elevator permanen untuk memediasi perencanaan dari bawah sebagaimana telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.”jelas Bupati.

Selain itu, pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017  Pasal 136, menegaskan bahwa tujuan dari forum perangkat daerah atau lintas perangkat daerah adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target dan indikator kinerja sasaran, program, kegiatan dan sub kegiatan dalam rancangan kerja perangkat daerah.

“Berkaitan dengan penajaman target dan indikator kinerja, saya berharap agar semua OPD pun dapat merubah mindset  berpikir yang mendasarkan penentuan kegiatan program dan kegiatan OPD harus berdasarkan pencapaian target dan indikator kinerja, dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran.”harap Soulissa

Kata Soulissa, sesuai dengan tema arah pembangunan Maluku tahun 2022 diantaranya: “Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah dan Kesehatan guna Meningkatkan Kesejahteraan”, dan Tema Pembangunan Nasional Tahun 2022 yang perlu adaptif dan responsif terhadap Wabah Covid-19 dan proses pemulihannya yakni “memantapkan pemulihan ekonomi dan sistem kesehatan menuju transformasi ekonomi yang inklusif”, maka tema arah dan kebijakan pembangunan kabupaten buru selatan tahun 2022 sebagaimana pada pelaksanaan konsultasi publik diwaktu yang lalu yakni “percepatan pemulihan ekonomi daerah dan kesehatan guna meningkatkan kesejahteraan”, “paparnya.

Dengan tetap memperhatikan arah Kebijakan Pembangunan Nasional maupun Provinsi, maka dirumuskan rancangan agenda kebijakan pembangunan kabupaten buru selatan tahun 2021-2025 sebagai berikut yakni pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah; penanggulangan kemiskinan; peningkatan kualitas hidup dan daya saing SDM; reformasi birokrasi; sarana prasarana wilayah, “ingat Bupati.

Arah kebijakan pembangunan daerah ini juga mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 9 Desember Tahun 2020 dengan Program Prioritas Desa Unggul yang meliputi: 1. 5000 lapangan kerja baru, 2. 1000 perempuan desa mandiri, 3. Desa pintar, desa sehat, 4. Desa produktif, dan 5. Nelayan dan petani unggul, “paparnya.

Berdasarkan program Desa Unggul, maka seluruh potensi Desa akan dimaksimalkan melalui Dana Desa maupun ADD, dan Dana yang bersumber dari APBD II akan digunakan sebagai stimulan bagi tercapainya program Desa Unggul tersebut, “ungkapnya.

Bupati berharap arahan yang sudah disampaikan mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan ini.”tutup Bupati di akhir sambutannya itu*(SM-AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *