SABUROmedia, Ambon – Sebanyak 13.500 Tenaga Kesehatan (Nakes) di provinsi Maluku telah mendaftarkan diri  untuk mengikuti vaksinasi covid -19.

“ Jumlah Nakes yang sudah melakukan pendaftaran di sistem kita itu sudah 14,120 atau kurang lebih 93 %, dari jumlah itu terdapat  13,500 atau kurang lebih 83% yang terkonfirmasi dengan memberikan Nomor kontak untuk dilakukan penyuntikan vaksin covid-19, “ ujar Sekda Maluku, Kasrul Selang di kantor DPRD Maluku, kemarin.

Sekda mengatakan nakes yang mendaftarkan diri untuk divaksin harus  harus menyertakan nomor kontak supaya bisa mendapatkan notifikasi.

Sementara itu bagi petugas di Puskesmas yang akan mengikuti vaksinasi, kata Sekda dapat disesuaikan waktunya sesuai jadwal yang akan diatur oleh Kepala Puskesmas.

“  Untuk petugas di puskesmas jadwal vaksinnya diatur oleh Kepala Puskesmasnya,”tandas Sekda.

Dijelaskan untuk vaksin yang akan disuntikan pada tahap pertama yang diikuti nakes sebanyak 15.000 botol, perbotol vaksinnya untuk satu kali suntik.

Sekda mengaku dalam waktu dekat akan mendapatkan kiriman sebanyak 16.000 vaksin. Sekda juga menjelaskan pihaknya sudah membahas terkait Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI), ada empat prosedur dalam pelaksanaannya.

Dimana terdapat 4 meja pelaksanaan vaksinasi, meja pertama adalah tempat untuk registrasi ulang, meja kedua tempat dilakukan screening, pada screening akan di lakukan seperti priksa suhu priksa tekanan darah nadi, disitu peserta ditanya-tanya apakah ada penyakit komorbit yang tidak terkendali atau tidak, ada melakukan minum obat secara rutin atau tidak, jika tidak maka langsung ke meja tiga, di meja tiga akan dilakukan penyuntikan, dan meja 4 melihat KIPI nya kopi di bagi menjadi dua, yang kategori ringan dan yang berat.

“ Mudah-mudahan ini berjalan lancar, dan kami akan melakukan sosialisasi secara masif, kami juga akan membuat saluran resmi informasi agar semua masyarakat juga bisa mengetahui, dan teman-teman media juga bisa menjadi saluran informasi yang resmi bagi masyarakat, “ tutup Kasrul (Erol OX )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *