Connect with us

Ambon Metro

Raker Komite SD Cendekia ; Sinergi Komite – Sekolah Menuju Cendekia Unggul & Maju

 SABUROmedia, Ambon – Sekolah Dasar (SD) Cendekia Ambon melaksanakan Pengukuhan Pengurus Komite Sekolah Periode 2020 – 2022,  sekaligus Silaturahmi dan Rapat Kerja bersama Pengurus Komite, Ibu Kepala Sekolah,  Wali Murid dan Guru Wali Per Kelas di Gedung SD Cendekia, Jl Kampung Wara Desa Batumerah, Sabtu (19/09/2020).

Kepala SD Cendekia, Ibu Ekawati Kadir., S.Pd, menyampaikan berdasarkan amanat UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Permendikbud RI No 75 Tahun 2016 harus dibentuk Komite Sekolah. Untuk itu, melalui Musyawarah Wali Murid 30 Agustus 2020 yang lalu, beliau telah menerbitkan SK No. 02/SDC/IX/2020 tertanggal 01 September 2020, dimana Bapak Ahmad Ilham Sipahutar sebagai Ketua, Tri Rusnialdi sebagai Wakil Ketua, Fenly Masawoy sebagai Sekretaris dan Ibu Farida Bandjar sebagai Bendahara Komite SD Cendekia Ambon yang baru, jelasnya.

Dalam kesempatan presentasinya, beliau juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 SD Cendekia dirintis, telah menjadi alternatif sekolah yang berbasis keislaman di Kota Ambon, hingga saat ini telah mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Namun dengan segala dinamika yang ada, sekolah ini terus berkembang dan berbenah, hingga saat ini sudah memiliki 12 Ruang Belajar, Ruang Lab dan UKS, Perpustaakaan dan Kantin. SD Cendekia saat ini memiliki 264 Siswa, yang didukung oleh 28 guru non ASN sebagai tenaga pendidik yang terus bertambah setiap tahunnya, terang Ibu Eka.

Kedepan, semoga dengan kolaborasi Komite Sekolah yang baru banyak mendukung dalam pencapaian Visi Misi SD Cendekia, khususnya dalam program akreditasi sekolah tahun ini yang menjadi prioritas kami, harap beliau.

Dikesempatan yang sama Kepala SD Cendekia Ambon menyampaikan pentingnya kerja sama dan semangat kebersamaan antara Sekolah dan Komite. “ Semangat ini harus kita tumbuhkan, mengingat pentingnya kerja sama antara pihak Sekolah dan Komite beserta peran Wali Murid, dimana peran Komite kedepan sangat kita harapkan ”, ungkapnya.

Sementara Dr Ode Abdurachman., M.Pd, sebagai Penasehat Komite SD Cendekia Ambon, juga Dosen PGSD Unpatti ini menyampaikan dalam sambutannya agar Komite dapat menjalankan peran dan fungsinya maksimal kedepannya. Komite sesuai kewenangannya harus memberi masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada sekolah mengenai: kebijakan dan program sekolah, RAPBS, kriteria kinerja sekolah, kriteria tenaga kependidikan, kriteria fasilitas pendidikan, dan hal-hal lain yang terkait dengan pendidikan, ujarnya.

Ketua IGI Provinsi Maluku ini juga menghimbau agar guru – guru lebih kreatif dan inovatif ditengah pandemic saat ini, tidak boleh kalah dengan generasi alfa saat ini, dimana aktifitas mereka dari sejak bangun tidur sudah hidup dengan HP/ Gadget, maka guru – guru harus cerdas untuk terus update berbagai informasi agar tidak kalah dengan siswa-siswa ini nantinya, khususnya dalam penggunaan tekhnologi pendidikan tentunya. Beliau juga siap bermitra kedepan melalui program parenting teknologi dan internet yang baik, melibatkan orang tua/ Komite kedepannya bersama IGI tentunya, ajak beliau.

Sementara itu, Ahmad Ilham Sipahutar, yang baru saja dikukuhkan, langsung tancap gas untuk pembenahan Komite Sekolah.

Ketua Komite Sekolah, Ahmad Ilham Sipahutar mengatakan rapat kerja hari ini tetap mengikuti Protocol Covid, guna merumuskan AD ART Komite maupun berbagai program kedepan, dalam upaya agar Komite dapat maksimal bersinegi bersama Wali Murid dan pihak Sekolah, terangnya.

“ Rapat kerja ini sengaja kita lakukan agar Pengurus Komite, Wali Murid dan Sekolah dapat berta’aruf, bersinergi untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan SD Cendekia Ambon ke arah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang ” papar Ilham.

Ketua Komite juga menyampaikan bahwa Komite, Wali Murid dan Sekolah sangat penting memiliki rasa kebersamaan dan semangat gotong royong demi tercapainya Visi Misi SD Cendekia kedepan, sesuai tema kita hari ini “ Bersinergi dalam Menciptakan Komite yang Inovatif dan Kreatif Menuju Cendekia Yang Unggul & Maju ”, tegasnya.

Ilham Sipahutar, yang juga Pengurus KAHMI Maluku ini, menyampaikan melalui Raker Komite Sekolah berjanji melanjutkan program Komite sebelumnya yang dianggap baik. Sebagai gebrakan perdana Komite baru ini, ditengah pandemic Covid-19 ini, kita ingin membantu memberikan pelayanan akses kesehatan dengan memberikan Kartu BPJS Kesehatan kepada semua tenaga guru yang ada di SD Cendekia, hingga nantinya ditangani oleh Yayasan, doakan agar kami mampu mewujudkannya, harap beliau.

Disamping itu, Komite yang baru juga akan melanjutkan ide pembentukan Koperasi Sekolah, kebutuhan Lapangan Olahraga, dukungan buku-buku Perpustakaan, Family Gathering dalam rangka Milad SD Cendekia, Komite Award Hari Guru sebagai beberapa program unggulan kami, disamping agenda rutin dan operasional Keorganisasian nantinya, tutup ilham (SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Ambon Metro