Connect with us

The Moluccas

Peringati HUT RI ke 75 dengan Aksi Bersih Pantai di kota Ambon

SABUROmedia, Ambon – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75, Maluku Bakukele melakukan Aksi Bersih Pantai bersama Satma AMPI, HMPS Pendidikan Biologi Universitas Pattimura, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), dan KNPI Kecamatan Baguala. Kegiatan Aksi Bersih Pantai dengan tema “Aksi Peduli Lingkungan Menuju Indonesia Maju” ini dilaksanakan di pesisir pantai Desa Hative Besar pada tanggal 15 Agustus 2020.

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena melihat pesisir pantai di sekitaran Kota Ambon yang masih banyak ditemukan sampah sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem pantai dan laut, seperti yang disampaikan Andi Jhuna Selfara, Ketua KNPI kec Baguala.

Sementara La Dirwan S.E dari Maluku Bakekele dan Fachrul Ely, SATMA AMPI Kota Ambon dan Maya Kasya Latupapua dari HMPS Pendidikan Biologi UNPATTI melihat hal tersebut membuat mereka melakukan Aksi Bersih Pantai dengan mengajak beberapa organisasi lain dan juga melibatkan masyarakat sekitar. Hampir 100 orang relawan yang terlibat, acara dimulai Pukul 08.00 WIT selesai Pukul 12.00 WIT.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Hative Besar, Novie B Laisatamu, mengatakan bahwa masyarakat sebenarnya peduli terhadap kondisi sampah di pantai sekitar, namun karena ketika sampah telah dibersihkan ternyata masih ada sampah hasil hanyutan dari laut membuat masyarakat kewalahan dalam membersihkan pantai.

Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat di pesisir pantai sekeliling Kota Ambon tidak lagi membuang sampah ke pantai dan laut.(SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari The Moluccas