SABUROmedia, Ambon – Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku Ambon melakukan KKN dengan topik kegiatan Pemanfaatan Pekarangan untuk Tanaman Obat Keluarga dalam meningkatkan Imunitas tubuh di tengah Pandemi Covid-19 dalam rentan waktu bulan Juli sampai Agustus 2020.

Penempatan Lokasi KKN tematik ini dilaksanakan secara online pada masing-masing area yang ditempati mahasiswa yaitu Negri Saparua, Negri Haria, Negri Noloth, Negri Itawaka, dan NegEri Herlau Pauni.

Kaprodi Keperawatan UKIM Ambon sekaligus sebagai Instruktur kegiatan Ibu Ns.Sinthia R.Maelissa,M.Kep saat dikonfirmasi Saburomedia.com via watshap mengatakan kegiatan Mahasiswa KKN PPM kelompok 24 ini adalah Joshtenly D.Tanate(FaKes), Elda F.Salomina(FaKes), Juvaly B.Patty(FaKes), Matheis Wattimena(Fak.Teologi), Frescilya Latupeirissa(FaKes), Olifia N.Hehamahwa(Fakes) Dengan latar belakang kegiatan Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di masing-masing lokasi KKN PPM ternyata tidak memiliki media edukasi tentang covid-19, sehingga menjadi salah satu dari penyebab kurangnya pengetahuan masyarakat tentang covid-19.

” Petugas kesehatan selama ini hanya melaksanakan tindakan kuratif bagi masyarakat yang berstatus terkonfirmasi tanpa melakukan tindakan promotif dan preventif bagi masyarakat sehingga berdampak juga pada stigmatisasi yang tinggi,” ujarnya.

Lanjutnya, Disisi lainnya masyarakat dalam menghadapi situasi pandemic saat ini juga memerlukan antibody yang baik untuk pertahanan tubuh mengahadapi penyebaran virus, tidak hanya dengan vitamin yang mahal namun dengan tanaman obat keluarga (TOGA). TOGA dapat diolah sendiri di pekarangan rumah, baik di dalam pollybek maupun langsung di lahan kosong. Setiap rumah masyarakat pada masing-masing Negri atau mitra memiliki lahan yang luas di rumah namun hanya dimanfaatkan untuk penanaman sayur dan umbi-umbian, sedangkan untuk jenis tanaman yang bisa diolah sebagai obat herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh tersebut belum.

Dengan demikian Mahasiswa KKN PPM UKIM kelompok 24 hadir dan menawarkan program pemanfaatan lahan untuk penanaman TOGA dalam meningkatkan Imunitas tubuh di tengah Pandemi Covid-19 sekaligus pemberian edukasi melalui pembagian leaflet dan penyemprotan desinfektan pada area pasar. hasil kegiatan Program ini sangat disambut baik oleh mitra/masyarakat pada masing-masing Negri bahkan pelaksanaannya sangat ditopang oleh pihak pemerintah Negri dan Gereja. Mahasiswa KKN dapat melaksanakan programnya dengan baik antara lainnya:
1. Pemasangan Spanduk terkait Covid-19 pada titik utama jalan masing-masing Negri.
2. Pembagian brosur tentang penyebaran dan pencegahan Covid-19 serta manfaat tanaman obat keluarga.
3. Mengolah lahan bersama masyarakat untuk penanaman TOGA dan membuat Apotek Hidup TOGA percontohan di lahan Kantor Negri masing-masing.
4. Penyemprotan desinfektan pada area umum yang selalu ramai dikunjungi seperti pasar dan sekolah setiap hari minggu.
5. Pemberian makanan tambahan bagi anak-anak di Negri Herlau Pauni yang diolah dengan rempah sebagai tanaman obat keluarga. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *