Connect with us

Politik & Pemerintahan

Bupati Malra Tinjau Kebun Pemda

SABUROmedia, Malra – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun memberikan Arahan sekaligus meninjau Lokasi Kebun Pemerintah Daerah “Kebun Kes Yang” dalam rangka Percepatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Maluku Tenggara di Lokasi depan Kantor Bupati, Jumat, (3/7).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai akibat dari Dampak Covid-19 terhadap Ketahanan Pangan sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara mencetus salah satu kegiatan yakni “Kebun Kes Yang” seluas 11 Ha.

Sesuai Laporan dari pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Maluku Tenggara bahwa Kebun Manunggal Pemda ini yang terluas seluas 11 Ha, sedangkan Kebun Manunggal kerjasama Pemda dan TNI/POLRI di Ohoi Danar seluas 5 Ha, Ohoi Semawi seluas 5 Ha, Elar Let seluas 5 Ha dan Polres seluas 1 Ha. Menurutnya, Kondisi lahan kebun tersebut secara teknis Pertanian bervariasi, ada yang agak bercadas, ada yang agak baik.

Harapannya, semua akan berproses setelah proses pengambilan nomor undian. Lahan yang belum diolah, dapat dibantu dengan membersihkan batu dan kayu sehingga petugas Penyuluh akan memandu dalam proses penanaman dengan menggunakan alat.

Kegiatan tersebut digagas oleh Bupati Maluku Tenggara dan dilaksanakan oleh Dinas Pertanian untuk menghadapi Covid-19.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun dalam sambutannya menjelaskan orang tua kita dahulu juga merasakan suasana lapar sehingga kita harus siap. Jelas Beliau, kalau kegiatan berkebun ini berhasil, kita akan buka lagi lahan di sebelahnya karena lahan pemda seluas 96 Ha.

Beliau menjelaskan, ada dua fungsi kegiatan ini, disamping kita tahu berkebun, kita juga tahu batas-batas tanah. Beliau minta agar masing-masing OPD harus siap dan meninjau lokasinya dan juga siap menanam pada Sabtu mendatang, siapkan “sar ngengan”, “kamdada”, jelas Beliau.

Bupati juga minta kepada Dinas Pertanian untuk tetap memberikan bimbingan dan penyuluhan. Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Para Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD dan masing-masing warga yang mendapat pembagian lokasi kebun.(SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Politik & Pemerintahan