Connect with us

Ambon Metro

BTKLPP Kota Ambon Kewalahan Tangani Pemeriksaan Spesimen Covid-19

SABUROmedia, Ambon – Balai Teknik kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon saat ini kewalahan menangani pemeriksaan spesimen Covid-19.

Demikian penjelasan Kepala BTKLPP Ambon Budi Santoso di Ambon, Sabtu (27/6/2020).

Awalnya, kata dia, spesimen yang masuk ke BTKLPP sebanyak 20 spesimen per hari. Namun saat ini sebanyak 400 spesimen per hari.

Dengan masuknya spesimen sebanyak 400 spesimen per hari, mengakibatkan penumpukan sehingga BTKLPP Kota Ambon kewalahan untuk melakukan tes yang masuk.

BTKLPP hanya bisa melakukan tes spesimen 100 sampai dengan 150 spesimen per hari.

“Setiap hari spesimen yang masuk sebanyak 400 spesimen kami jadi kewalahan, kalau 400 diluar kemampuan untuk itu harus kerja keras,” ujar Santoso.

Tenaga yang bertugas membaca virus di Laboratorium sangat terbatas. Untuk itu, tambah dia, pihaknya akan meminta agar dinas kesehatan Provinsi Maupun Kabupaten Kota di Maluku agar nantinya spesimen yang dimasukan per hari dikurangi sehingga tidak terjadi penumpukan sampel.

Kendala lain yang dihadapi BTKLPP Ambon, menurut Santoso, adalah ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga Lab sudah mulai menipis.

“Untuk APD awalnya yang dibutuhkan adalah 5 paket perhari, namun saat ini yang dibutuhkan perhari adalah 13 paket,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya akan meminta bantuan APD kr Dinas Kesehatan Provinsi, Gugus Tugas maupun BNPB Pusat

Dia mengakui stok Regensia masih banyak, karena stok yang ada di BTKLPP sebanyak 16 ribu regensia. “Saat ini regensia yang baru terpakai sebanyak 4 ribu, stok regensia di BTKLPP cukup untuk 6 bulan kedepan,” tandasnya.(TM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Ambon Metro