SABUROmedia, Jakarta – PT PLN (Persero) telah menyediakan mekanisme pembagian token listrik  graits bagi pelanggan prabayar golongan 450 Volt Ampere (VA) dan  golongan subisidi 900 VA.

.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made  Suprateka mengatakan, token gratis dapat didapat pelanggan melalui situs  atau Whatsapp resmi PLN.

.

Pelanggan hanya perlu mengirimkan nomor ID pelanggan dan mengirimkannya  ke website www. pln.co.id atau ke Whatsapp dengan nomor 08122-123-123.

.

“Pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3  bulan terakhir,” kata Made dalam keterangan tertulis, Kamis (2/4/2020).

.

Secara lebih detail, berikut adalah cara mendapatkan token gratis bagi  pelanggan golongan 450 VA dan golongan subsidi 900 VA melalui situs  resmi.

.

1. Buka laman www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

.

Apabila pelanggan ingin mengklaim token gratis melalui Whatsapp, berikut caranya :

.

1. Buka Aplikasi WhatsApp

.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

.

3. Token gratis akan muncul

.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

.

Meski kebijakan listrik gratis diberlakukan selama 3 bulan, Made  menjelaskan pemberian token akan diberikan secara bertahap setiap  bulannya.

.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon tarif listrik ini  memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat  tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati  program tersebut,” tutur Made.

.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida  Mulyana menjelaskan, besaran token gratis yang akan diberikan kepada  pelanggan golongan 450 VA akan dihitung berdasarkan penggunaan listrik  terbesar selama 3 bulan terakhir.

.

Rida memastikan, pihaknya bersama dengan PLN sudah memilki data terkait  profil penggunaan listrik pelanggan selama beberapa bulan terakhir.

.

Dengan demikian, PLN akan memberikan token gratis dengan besaran yang ditentukan dengan mengambil data penggunaan.

.

“Kami dan PLN, sudah punya profile-nya dari masing-masing pelanggan dan  mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa dan  itu lah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan angka  maksimumnya,” tutur Rida.

.

Kementerian ESDM dan PLN juga akan menggunakan skema penghitungan  besaran yang sama untuk pelanggan listrik golongan 900 VA subsidi.

.

Namun bedanya, setelah nanti ditemukan berapa biaya penggunaan listrik  terbesar selama 3 bulan terakhir, akan dipotong sebesar 50 persen.

.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, dimana pelanggan  listrik golongan 900 VA subsidi mendapatkan potongan sebesar 50 persen.

.

“Sebagaimana disampaikan Presiden akan diberikan diskon 50 persen dari¬† biaya pemakaian dan beban, nah itu akan dikalikan 50 persen, intinya¬† membayar 50 persen lah,” ucap Rida.(kompas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *