SABUROmedia, Malteng – Menarik diikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Negeri administratif Marasahua, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku (Malteng) yang baru saja usai di gelar dikantor Desa setempat, Senin (03/03/2020).

Dimana terdapat tiga kandidat calon Kepala Desa yang ikut berkontestasi. Mereka masing-masing menggunakan nama buah sebagai ikon politik tertera pada gambar di kertas suara pencoblosan yang nantinya dikenal dan dipilih warga Marasahua.

Tiga calon itu adalah Ibu Supartinah dengan ikon Kelapa, Muis Kabakoran dengan Ikon Pisang, dan Hermawan dengan ikon Cengkeh.  

Berdasarkan hasil rekapitulasi, calon kepala desa dengan gambar Kelapa pada kertas pencoblosan ini meraih 100 suara, di ikuti Muis Kabakoran yang bergambar pisang memperoleh 93 suara dan yang terakhir hermawan dengan gambar cengkeh memperoleh 59 suara.

Dari total DPT sebanyak 312 pemilih, 294 orang datang menggunakan hak pilihnya.Total suara sah 252, dan suara tidak sah sebanyak 42 akibat pencoblosan yang salah

Unggul tujuh suara dari rivalnya, Ibu Supartinah yang bergambar Kelapa dinyatakan memenangkan Pilkades Negeri Administratif Marasahua Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Malteng.   

Proses pemilihan di mulai jam 07.00  hingga pukul 13-30 WIT dan langsung dilanjutkan dengan proses penghitungan hasil suara secara terbuka yang di ikut oleh semua saksi calon dan juga warga masyarakat selama proses pemilihan semua berjalan dengan tertib dan kondusif.

Ikut hadir Sekretaris camat, Didik Pristiwarso S.Sos dengan beberapa staf kantor kecamatan. Dalam sambutannya ia memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh warga masyarakat, panitia pemilihan dan juga seluruh aparat keamanan.

” Alhamdulillah pilkades tahun ini terselenggara dengan baik, Atas nama Pemerintah Kecamatan SUT Kobi saya ucapkan terimakasih banyak atas partisipasi bapak ibu sekalian yang telah datang memberikan hak suaranya di TPS sejak pagi tadi serta mampu menjaga situasi dan kondisi lingkungan yang aman dan tertib selama proses pemilihan dimulai dan slesai dilaksanakan, “ ucapnya.

Lanjutnya, siapa yang menang hari ini dialah kepala Desa warga Marasahua secara keseluruhan bukan milik sekelompok tim atau sekelompok orang, Ibu Supartinah sebagai calon yang telah terpilih harus mulai mempersiapkan 6 tahun masa kerjanya, sebaliknya bagi kedua calon yang tidak terpilih harus tetap legowo menjunjung tinggi nilai kebersamaan karena Inilah proses demokrasi, “ pesannya.

Ungkapan terimaksih juga disampaikan Didik Pristiwarso kepada seluruh panitia yang telah sukses menyelenggarakan pilkades dengan baik, begitu juga kepada seluruh aparat keamanan beserta  Babinkatibmas yang turut membantu dan menjaga situasi pemilihan berjalan lancar,aman dan tertib.

Usai pembacaan surat keputusan oleh kepala BPN Marasahua yang menyatakan dengan resmi kemenangannya, Supartinah selaku kades terpilih menyampaikan pidato singkatnya di depan semua warga.

” Terimaksih tak terhingga saya ucapkan kepada seluruh warga Marasahua yang telah mendukung dan mempercayakan amanah kepemimpinan Desa ini kepada saya. Kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama, untuk itu mari bersama-sama kita satukan hati dan pandangan  untuk mewujudkan desa Marasahua yang lebih maju dan sejahtera. Tegur saya jika kelak saya melakukan salah, ingatkan saya jika misalnya kelak ada kelalaian yang saya lakukan selama menjalankan tugas, “ tegas Kades terpilih ini tutupnya. (Ajir Walakula)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *