SABUROmedia, Ambon – Universitas Pattimura menjadi inisiator sekaligus Tuan Rumah Kegiatan Regional Meeting Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Maluku, 01 – 02 Juli 2024. Hari ini, kegiatan diawali dengan Rapat Bersama  Pra-Regional Meeting PT Se-Maluku bersama Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Maluku di Ruang Rapat Rektor Unpatti, Senin (01/07/2024).

 

Rektor Unpatti Prof. Dr. Freddy Leiwakabessy., M.Pd. yang memimpin Kegiatan Pra-Regional Meeting PT Se-Maluku menyampaikan bahwa hari ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pikiran, serta membahas nama dari gabungan Pimpinan PT Se-Maluku, juga apa – apa yang akan dibahas besok. Nama dari kumpulan Perguruan Tinggi ini ialah Forum Perguruan Tinggi Se-Maluku, jelasnya.

 

“ Besok akan di bahas juga di Komisi – Komisi, poin dari komisi rekomendasi untuk pembangunan Provinsi Maluku Kedepan. Kegiatan ini membahas juga kontribusi PT untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, “ jelas Rektor Unpatti.

 

Kegiatan ini sendiri mengambil tema : “ Peran Strategis Perguruan Tinggi di Maluku Bagi Stabilitas Geoekonomi dan Geopolitik Kawasan Timur Indonesia “ yang juga jadi materi Keynote Speaker yang akan dibawakan oleh Rektor IPB Bapak Prof. Dr. Arif Satria., SP., M.Si yang dijadwalkan akan hadir.

 

Disamping itu, Regional Meeting Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Maluku juga akan menghadirkan Pembicara lainnya yaitu Prof. Dr. Freddy Leiwakabessy., M.Pd. – Rektor Universitas Pattimura dengan topik : Pengembangan Sumber Daya Manusia, IPTEK dan Infrastruktur Daerah, Dr. Ahmad Jais Elly – Pj. Bupati Seram Bagian Barat dengan topic :  Pengelolaan Sektor Unggulan Daerah (Perikanan, Pertanian, Pariwisata) “, Prof. Dr. Mus Huliselan, DEA – Mantan Rektor Unpatti dengan topik :  Kontribusi Historis Masyarakat Maluku dalam Pembangunan Nasional dan Reza Valdo Maspaitella – Raja Negeri Rutong Kota Ambon dengan topic : Strategi Pembangunan Desa: Model dan Langkah Implementatif “.

 

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistim Informasi Unpatti Dr Ruslan HS Tawari ke SM menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat strategis bagi kalangan Perguruan Tinggi, apalagi menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota maupun Bupati dan Wakil Bupati Se-Maluku di November 2024 nanti, Ungkapnya, yang juga Sekretaris Umum ICMI Orwil Maluku ini.

 

Untuk itu kita harapkan output kegiatan ini nantinya, Pertama, dapat Terbangunnya integrasi dan sinergitas antar Perguruan Tinggi di Maluku dalam mengimplementasi Tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) untuk mendukung stabilitas geopolitik dan geoekonomi Kawasan Timur Indonesia.

 

Kedua, Tersedianya konsep arah dan kebijakan strategis pembangunan Maluku yang berbasis kebutuhan daerah dalam bidang IPTEK, sumber daya manusia, infrastruktur daerah, pengelolaan sektor unggulan, penguatan partisipatif publik dan pengembangan masyarakat desa,

 

Ketiga, Terjalinnya kolaborasi efektif antara Perguruan Tinggi, pemerintah daerah, dan sektor swasta untuk mempercepat pembangunan daerah.

 

Keempat, Meningkatnya kapasitas kelembagaan Perguruan Tinggi dalam menghasilkan kontribusi yang berkualitas dan relevan bagi pembangunan daerah, Harapnya.

 

Untuk itu, kita juga mengundang para tokoh-tokoh Maluku untuk membedah ide dan gagasan mereka, khususnya yang akan mengikuti Kontestasi di Pilkada Serentak dalam regenerasi kepemimpinan Maluku Tahun 2024, diantaranya Irjen Pol (Purn) Drs. H Murad Ismail, Letjen TNI (Purn) Jefry Apoly Rahawarin, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.SE.MM.MT, Febry Calvin Tetelepta, Hendrik Lewerissa., SH., LLM dan Drs. Barnabas N. Orno, bebernya.

 

Sementara itu, Rusman Dani Rumain dari STKIP Gotong Royong Masohi ke media SM menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan yang di gagas Unpatti ini.

 

“ Melalui acara ini Kita bisa dapat berkolaborasi antara Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan, Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Vokasi. Dari kegiatan ini banyak penandatanganan MoU dengan Pemerintah Daerah yang nanti akan di Kerjasamakan. Hal ini menjadi sesuatu yang positif karena kami juga dapat bekerja sama dengan Pemda Provinsi, Maupun Pemda Kabupaten/Kota dari segi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, “ Ungkap Fungsionaris ICMI Orda Kabupaten Maluku Tengah ini.

 

Kegiatan ini akan melibatkan Peserta dari 39 Perguruan Tinggi Se-Maluku, Forkopimda Maluku, Pemda Kab/ Kota Se-Maluku, BEM, KNPI dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda yang hadir. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *