SABUROmedis, Fakfak — Dalam rangka mengintegrasikan program pusat dan daerah, Bupati Fakfak melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI Harvick Husnul Qolbi di rumah dinasnya yang terletak di Pejaten, Jumat (08/05/2023).

 

Bupati Untung Tamsil mengatakan, bahwa program yang dimaksud adalah mendorong percepatan ekonomi di bidang pertanian.

 

” Fokus kami bagaimana mendapat dukungan sumber daya alokasi dana umum dan khusus yang bisa mendukung sektor pertanian. Karena Bomberay, Kokas dan beberapa wilayah  memiliki kawasan sentra percepatan ekonomi khususnya pertanian,” Ujar Bupati Untung Tamsil kepada awak media, Jumat (09/05/2023).

 

Bupati Untung dalam kesempatan tersebut juga mengatakan akan melibatkan dukungan lintas sektor seperti dengan IPB untuk melakukan pendampingan kelompok usaha tani dan pemuda untuk terlibat langsung dalam pemberdayaan sekaligus menjadi petani lokal yang bisa mendapatkan hasil.

 

” Kami juga menggandeng Papua Muda Inspirasi untuk membantu potensi yang ada sehingga mendapatkan kesempatan yang ada,” Katanya.

 

Beberapa bulan yang lalu Pemerintah Pusat menetapkan Kabupaten Fakfak sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

 

Usai ditetapkan, Pemkab Fakfak langsung bergerak cepat dengan melakukan silaturahmi dan sosialisasi terhadap masyarakat adat setempat.

 

Pada Jum’at, 09 Juni 2023, Bupati Fakfak Untung Tamsil., S.Sos., M.Si. melakukan pertemuan ke Kementerian Investasi/BKPM bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

 

 

Ditemui usai acara, Bupati Untung Tamsil mengatakan, kehadiran dirinya bersama para kepala OPD untuk melaporkan progres kegiatan rencana penetapan PSN di Fakfak sekaligus rencana pembangunan Pupuk Kaltim di Fakfak sekaligus kunjungan kerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin ke Fakfak pada Juli mendatang.

 

Selain itu pertemuan juga membahas beberapa program yang terintegrasi antara Pemerintah Pusat dan Kabupaten, contohnya dibidang Investasi perikanan, pertanian dan pariwisata.

 

” Kami mohon dukungan dari Bapak Menteri Investasi untuk mendukung penuh kebijakan nasional yang mengarah kepada Kabupaten Fakfak sesuai dengan implementasi Inpres No.9 di Papua dan Papua Barat,” tukas Bupati Untung Tamsil.

 

Menutup perbincangan, Untung Tamsil mengatakan, akan melakukan pertemuan terbatas dengan Bappenas yang diagendakan dalam minggu-minggu. (SM-PKPSF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *