SABUROmedia, UNPATTI – Pada tahun kedua pelaksanaan KKN Tematik di Fakultas MIPA, mahasiswa berinovasi dengan menghasilkan produk turunan dari bahan lokal yang ada di Maluku.

Instruktur KKN Jurusan Kimia, Dr. Imanuel B. D. Kapelle, S.Si, M.Si dalam wawancaranya menjelaskan, pelaksanaan KKN tematik ini idealnya harus masuk ke Industri atau instansi namun karena Pandemi Covid-19, maka pelaksanaan KKN berlangsung ‘blended learning’ secara virtual dan tatap muka untuk melakukan uji hasil produk pada laboratorium.

Produk inovasi yang dihasilkan dari mahasiswa jurusan kimia adalah Hand Sanitizer dengan menggunakan daun sirih sebagai adiktifnya, Hand Sanitizer dengan menggunakan kulit jeruk nipis sebagai adiktifnya, freshcare dari daun kayu putih, Lilin Aroma Terapi dari minyak jelantah (bekas minyak goreng) yang dioleh dan diberi ekstrak pala, Bio Baterai dari kulit pisang tongkat langit (Fe’i banana – Musa x troglodyatarum), serta Bioetanol dari Air Kelapa.

Beberapa produk yang dihasilkan telah melalui standarisasi karena semua produk yang dihasilkan melalui uji lab dengan data yang terukur.

Instruktur KKN Mahasiswa Jurusan Kimia, Dr. Imanuel B. D. Kapelle, S.Si, M.Si mengatakan, banyak ide inovatif yang miliki oleh mahasiswa unpatti, dan dosen sebagai pembimbing bertanggungjawab untuk mengarahkan dan memberikan pembobotan sesuai keilmuan agar para mahasiswa dapat mengembangkan ide tersebut, untuk menghasilkan inovasi – inovasi dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar terutama yang ada di Maluku sehingga nantinya mereka akan siap untuk membuka peluang usaha.
Dr Berly berharap, perlunya wadah/tempat yang disiapkan seperti outlet-outlet untuk menampung sekaligus mempromosikan semua inovasi yang dihasilkan mahasiswa dan nanti dapat memberi nilai ekonomis, sehingga mahasiswa juga akan dipersiapkan untuk menjadi wirausaha muda.

“Jangan takut bermimpi, banyak sumber daya yang ada di Maluku yang bisa dimanfaatkan menjadi produk-produk yang tentunya bernilai”.
Wakil Dekan Bidang Akademikk FMIPA, Dr. Henry J. Wattimanela, S.Si., M.Si memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Jurusan Kimia Unpatti, “Ini merupakan hal yang luar biasa, mereka telah mampu memberikan kontribusi dengan ilmu yang telah mereka miliki, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar dan mampu menghasilkan produk yang bermanfaat khususnya dalam kondisi Pandemi Covid-19”.

Ditambahkan, dalam upaya menjalankan tridharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa juga turut mengambil peran dan mengimplementasikan melalui KKN yang di jalankan. Secara umum KKN tematik yang dilakukan oleh mahasiswa FMIPA, menghasilkan inovasi-inovasi baik dalam bentuk produk maupun dalam bentuk teori.

“Selain Jurusan Kimia yang menghasilakan produk, Jurusan Biologi mengembangkan Hidroponik, Jurusan Fisika mengembangkan teori mengenai Mitigasi Bencana sedangkan Jurusan Matematika mengembangkan teori tentang proses pelatihan dan pembelajaran kreatif”.

“Fakultas MIPA akan memfasilitasi dan melakukan Seminar terhadap seluruh hasil inovasi mahasiswa sehingga nantinya masyarakat akan mengenal semua produk yang dihasilkan, walaupun secara bertahap diperhatikan mulai dari kemasan produk dan target marketnya. Kedepannya Fakultas MIPA akan membangun kemitraan dengan instansi pemerintah terkait untuk legalitas produk”, ujar Dr. Hendry.

Video inovasi mahasiswa dapat dilihat melalui youtube UNPATTI CHANNEL dengan link :





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *