SABUROmedia, UNPATTI,- Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM) Universitas Pattimura – kelompok usaha hidroponik melaksanakan panen perdana di walang Hidroponik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura, selasa (16/2).

Program Kewirausahaan Mahasiswa merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan harapan mendorong munculnya jiwa wirausaha mahasiswa sejak dini dan terbimbing dan tentunya berorientasi pada IPTEK.

Universitas Pattimura mendukung kebijakan MBKM salah satunya dengan membentuk kelompok-kelompok wirausaha pada setiap fakultas dan untuk kelompok usaha sayuran Hidroponik dipercayakan kepada mahasiswa Fakultas KIP dan ISIP. Dalam kegiatan pengelolaannya kelompok usaha yang beranggotakan 22 orang mahasiswa dibimbing oleh Dr. Stevin Melay, S.Pd., M.Si yang adalah ketua prodi Pendidikan Biologi dan Prelly. M. J. Tuapatinaya, S.Pd., M.Pd dosen pada Prodi Pendidikan Biologi.

Dr. Melay mengatakan kelompok PKM usaha hidropinik pada panen perdana sayuran pakcoy dan selada ini, telah menetapkan target untuk pemasaran hasil usaha yakni hanya pada kalangan dosen, pegawai maupun mahasiswa dalam lingkungan Universitas Pattimura saja, hal ini disebabkan tingkat produksi yang masih kecil, dan diharapkan kedepan usaha ini tetep berkesinambungan sehingga ada peningkatan produksi dan tentunya berpengaruh pada target market yang akan diperluas kepada kalangan umum.

Prelly. M. J. Tuapatinaya, S.Pd., M.Pd dalam sambutanya mengatakan kelompok PKM hidroponik mendapat kehormatan atas kunjungan Rektor Universitas Pattimura pada panen perdana. Ini merupakan usaha kreatifitas mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu mereka selama perkuliahan.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya mengatakan panen perdana ini diharapkan berkelanjutan dan para mahasiswa harus terbiasa melakukan kegiatan ini, berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha karena selain menumbuhkan jiwa kewirausahaan, dari kelompok ini bisa mendapatkan profit dari sisi ekonomi untuk pribadi, keluarga maupun kelompok, dan mahasiswa akan siap terjun ke dunia kerja dan usaha serta mampu menciptakan lapangan kerja ketika mereka lulus dari universitas.

Rektor juga mengucapkan selamat kepada para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ketua Program Studi Biologi dan dosen pendamping, serta mahasiswa PKM atas panen perdana dihari ini.

Panen Perdana PKM Unpatti bidang usaha hidroponik dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si, Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Izaak H. Wenno, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Hasan Tuaputty, M.Pd, dan Koordinator Kemahasiswaan dan Humas Universitas Pattimura French O. Pattiruhu, S.Sos (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *