SABUROmedia, Buton – Pemeritah Daerah Kabupaten Buton terus menggenjot upaya meningkatkan produktivitas di sektor pertanian dan kesejahteraan masyarakat petani, Salah satunya yaitu melalui pemberian bantuan kepada kelompok tani yang tersebar di 7 kecamatan se- Kabupaten Buton. Tahun ini penyaluran bantuan berupa alat pengendali hama pertanian 170 unit, kartu tani tambahan 1058 buah, kendaraan operasional penyuluh pertanian 16 unit, dan kambing 125 ekor.

Pada tahun 2020 lalu, Pemda Buton sudah menyalurkan bibit pala sebanyak 26 ribu dan bibit kelapa 15 ribu anakan. Hal itu dilakukan untuk mendukung kedaulatan pangan dan mendorong produktivitas petani serta pengentasan stunting. Bantuan serupa ini juga akan terus diakomodir tahun 2021 ini.

Target kita adalah industri pertanian kelapa, Hanya saja untuk kebutuhan industri masih kurang maka kita harus tambah lahan dan tambah jumlah sehingga industri masuk, makanya mulai tahun ini kita coba 15 ribu pohon nanti yang berikutnya kita usahakan bantuan lagi di provinsi dan kementan untuk kelapa genjah, ujar Bupati Buton, Drs. La Bakry, kemarin.

Lanjutnya, bantuan alat pengendali hama diberikan kepada kelompok tani guna meningkatkan hasil produksi pertaniannya. Selain itu juga untuk mengatasi keluhan masyarakat petani akan adanya hama seperti babi. Bantuan serupa ini kita sudah uji coba 2-3 tahun lalu ternyata menurut masyarakat yang pernah menerima sudah bisa aman tidur di rumah. Insya Allah tahun ini akan ada lagi bantuan serupa.

Sama halnya juga dengan kartu tani, selama ini juga dikeluhkan masyarakat petani untuk memudahkan akses para petani mendapatkan sejumlah bantuan dari pemerintah baik itu bantuan dana KUR pertanian maupun pupuk bersubsidi.

” Saya berharap seluruh bantuan yang diberikan ini dapat membawa dampak yang positif bagi semua kalangan, utamanya bagi para petani dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya, ” harapnya.(SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *