Connect with us

Konseling Rohani

Hadrat & Pawai Obor Sambut Hari Raya ID di Tual

SABUROmedia, Tual – Menyambut  hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah atau yang lebih di kenal dengan Idul Qurban khusus untuk kota tual tahun ini sangat berbeda dengan perayaan sebelumnya. Berdasarkan pantauan media ini kamis (30/06/20) tepatnya malam takbiran ini terasa unik dan berbeda dengan biasanya.

Pasalnya menyambut datangnya hari raya Idul Adha kali ini seluruh remaja masjid khususnya yang berada di wilayah kota serempak mengadakan hadrat dan pawai obor sebelum besok melaksanakan sholat Id. Kegiatan yang di lakukan bukan sebuah perlombaan untuk mencari juara akan tetapi  merupakan bentuk partisipasi.

Salah satu gruop remaja masjid yang turut berpartisipasi adalah remaja masjid Al-Iklas kompleks Islamic Center Tual. Tujuan dari kegiatan ini adalah meramaikan serta bagian dari siar Islam, ungkap salah satu pemuda yang enggan di sebutkan namanya.

“ Sebenarnya apa yang kami laksanakan ini sebagai bentuk membangkitkan semangat generasi muda agar selalu mengingatkan sejarah nabi Ibrahim Alaihisalam yang di perintahkan langsung oleh Allah SWT, untuk menyembelih putra tunggalnya nabi Ismail alaihiisalam yang sangat di sayanginya,Esensi ini yang perlu di lestarikan dimana tujuan ini adalah bagaimana berqurban dengan iklas, “ ungkapnya.

Meskipun perayaan idul Qurban berlangsung di tengah pandemi covid 19, namun tetap memperhatikan protab gugus Satgas denga menggunakan masker. Kegiatan tersebut berlangsung aman serta melibatkan personil dari Polres Maluku Tenggara dan Kodim 1503. Selama kegiatan berlangsung meski di guyur hujan, namun tidak menyudutkan para peserta hingga akhir kegiatan hadarat yang di tabur tipa atau rebana.

Usai kegiatan para peserta membubarkan membubarkan diri kembali ke kompleks masing-masing dengan tenang.(MS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Konseling Rohani