SABUROmedia, Manokwari – Proses seleksi sekolah Khusus Kedinasan Politeknik Keimigrasian dan Pemasyarakatan yang diberikan kuota khusus bagi Anak-anak Papua, di Papua Barat kini akan memasuki tahap ke III seleksi setelah tahap Pendaftaran dan administrasi sudah di lalui.

“Nanti hari selasa 28 Juli mendatang tahap seleksi kompetensi dasar SKD dengan menggunakan sistim CAT, pusat pelaksanaan di lakukan di Gedung SMA Negeri 2 Wosi Manokwari” kata Kepala kantor Wilayah hukum dan Ham Papua Barat, Antonius Ayorbaba Sabtu 25 Juli 2020.

Proses seleksi tersebut selama ini dikendalikan oleh sistim yang dikendalikan di Badan Kepegawaian Negara (BKD), pihak Kanwil Hukum dan Ham baru mendapat informasi bahwa ternyata dari 78 peserta tes selama ini tidak berada di satu kota.

Ternyata peserta tes tersebar di beberapa Kota di Papua Barat, di Fakfak terdapat 16 orang sedangkan Manokwari 25 orang, Manokwari selatan terdapat 4 peserta di Sorong 20 peserta, Raja Ampat 5 orang, Kaimana dan Nabire masing-masing  2 orang Tambrauw 1 orang dan Baik Numfor 1 orang.

“Ada peserta dari 2 Kabupaten asal Provinsi Papua mereka lebih memilih mengikuti seleksi melalui kuota jalur Papua Barat sebab awalnya pendaftaran ini dalam bentuk aplikasi online maka kita tetap melayani mereka” kata Ayorbaba.

Kakanwil berharap dengan estimasi waktu yang relatif cukup singkat menuju tahapan seleksi ke III yang di pusatkan di Manokwari Papua Barat, para peserta tes yang berada di luar Manokwari agar sesegera mungkin masuk di Manokwari sebelum pelaksanaan tes kompetensi dasar nanti.

“Saya sangat berharap agar peserta di luar Kota Manokwari dapat mencari kesempatan agar sebelum pelaksanaan tes pada Selasa mendatang mereka sudah berada di Manokwari” kata Kakanwil Hukum dan Ham Papua Barat.

Ayorbaba mengatakan, dari peserta tes 78 orang akan merebut kuota 10 orang yang diberikan khusus untuk Anak-anak Papua di Papua Barat.

“Ketentuan nanti kan nanti di ambil 3 kali formasi masing-masing 15 orang  peserta tes dimana laki-laki 9 orang dan perempuan 6 orang” jelasnya.

Ayorbaba menegaskan jika dalam tahapan seleksi ketiga nanti ada peserta yang tidak ikut seleksi di Manokwari maka secara otomatis dinyatakan gugur. Proses tes SKD akan dilakukan dengan memperhatikan Protokol penanganan Covid19

“Ini kesempatan yang diberikan kepada Papua Barat dalam tahap seleksi SKD besok di pusatkan di Manokwari karena pertimbangan covid19” kata Ayorbaba.(SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *