Connect with us

Pendidikan & Olahraga

Webinar Seri I “ Strategi Menembus Jurnal Bereputasi”

SABUROmedia, Ambon – Kegiatan Perdana Pusat Studi Publikasi Universitas Pattimura, yang mengusung tema “Strategi Menembus Jurnal Bereputasi” dilaksanakan secara online (30/6). Pembicara pada kegiatan ini adalah drg. Ch.R. Titaley, MIPH.,Ph.D (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran  Universitas Pattimura) Materi yang dibawakan yaitu Tata Cara Penulisan Artikel Ilmiah Siap Publikasi, H. I. Elim, S.Si., M.Si., Ph.D ( Dosen Fakultas MIPA Universitas Pattimura) Materi yang di bawakan yaitu Bagaimana Melakasanakan Riset Yang Berkualitas, Ir. Muhammad Arsyad, SP.,M.Si., Ph.D (Direktur PMC Universitas Hasanudin Makasar) Materi yang dibawakan yaitu Strategi Peningkatan Publikasi Internasional Bereputasi, Andi Anto Palak, Ph.D (Universitas Negri Makasar) Materi yang dibawakan yaitu Retrive Metadata SCOPUS dan M. Nur Hudha, S.Pd.,M.Pd (Universitas Kanjuruhan Malang) materi yang dibawakan yaitu Reference Manager Mendeley dan End Note.

Ketua Panitia PMC dalam laporannya  menyampaikan  Kegiatan Webinar 1 yang di  laksakanakan selasa 30 Juni 2020  bertujuan  untuk :

1. Menambah wawasan tentang publikasi bagi para dosen baik dari Unpatti maupun luar Unpatti sehingga dapat mencapai Grade Publikasi Terbaik dan menempati urutan Peringkat tertinggi di Sinta maupun indeksasi internasional lainnya.

2. Webinar ini juga diharapkan dapat menjawab pertanyaan dan kegalauan hati para dosen tentang bagaimana dapat menembus Jurnal nasional dan Internasional Bereputasi, karena disadari bahwa selama ini para dosen masih sering gagal menerbitkan tulisannya karena penulisannya belum mencirikan sebuah kebaruan dan belum sesuai dengan kaidah penulisan pada jurnal nasional maupun internasional bereputasi.

3. Webinar ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para dosen untuk menghasilkan penelitian dan publikasi yang bermutu sehingga dapat bermanfaat bagi  “User dan Stackholeder sehingga pada gilirannya juga dapat meningkatkan Grade peneliti itu sendiri maupun Universitasnya  di tingkat nasional maupun internasional.

Peserta Webinar ke 1 PMC Unpatti sebanyak 664 orang, yang terdiri dari dosen Universitas Pattimura Ambon sebanyak 242 orang dan Universitas Lainnya sebanyak 422 orang dari seluruh Indonesia. Peserta mengikuti webinar  melalui aplikasi zoom dan stereaming YouTube.

Rektor Universitas Pattimura Prof.Dr. M.J. Saptenno, SH.,M.Hum  dalam sambutannya mengapresiasikan pengelola PMC Universitas Pattimura yang telah melaksanakan webinar Strategi Menembus Jurnal Bereputasi. Minat penulisan di kalangan para Dosen Universitas Pattimura setelah dicermati secra baik belum terlalu tinggi jika dibandingkan beberapa Universitas lain di Indonesia maupun di Luar Negri.

Lanjutnya Berdasarkan pengamatan bahwa para Dosen, para Guru besar  dan Ilmuannya di harapkan   mampu menulis pada Jurnal Bereputasi Internasional akan tetapi  teknik penulisan masih belum memenuhi standar yang baik dan juga ide-ide yang dikembangkan masih sangat kurang, semua itu dibutuhkan motivasi untuk menulis dan didorong oleh semangat masing-masing  termasuk kelompok yang melaksanakan penelitian, terkadang penelitan sudah dilaksanakan akan tetapi dibiarkan saja tanpa dipublikasikan. Hal tersebut yang membuat Universitas Pattimura merasa bahwa mestinya ada dorongan dari pengelola PMS agar para peserta  wbinar di hari ini mempunyai keinginan yang kuat untuk menulis.

Rektor berharap dengan diadakanya WEBINAR dihari ini para Narasumber yang mempunyai Kompetensi yang luar biasa dapat memberikan masukan-masukan bagi kita semua, supaya para dosen di UNPATTI juga peserta webinar di hari ini bisa mendapatkan Ilmu yang bermanfaat bagi pengembangan diri sehingga, bermakna bagi kehidupan masyarakat pada umumnya, bermakna bagi  lembaga masing-masing dan juga pengembangan institusi dimana kita bekerja.

Ketua Pusat Studi Publikasi Universitas Pattimura  Dr. Fransisna S. Latumahina, M.Hut., MP., IIP mengatakan, “Kegiatan ini awalnya direncanakan sejak Januari 2020 namun karena kendala pandemic Covid-19, baru dilaksanakan secara online saat ini dan berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi para dosen Universitas Pattimura untuk mendesiminasi hasil-hasil penelitian dalam bentuk tulisan dan mempublikasikannya dalam Jurnal Nasional maupun Internasional. Bagi rekan-rekan Dosen diharapkan bisa menulis lebih baik karena selama ini data penelitian sangat banyak namun tidak berimbang dengan tulisan uang dihasilkan”.

Lanjutnya dikatakan, “Semua dosen harus mempunyai publikasi di jurnal-jurnal bereputasi sehingga para dosen tidak hanya melakukan penulisan sebagai kebiasaan tetapi keharusan dan hal ini menjadi dasar pelaksanaan kegiataan ini”. Perkembangan penulisan jurnal dan upaya untuk terus mempublikasi jurnal – jurnal yang ada pada Universitas Pattimura baik secara Nasional yang terpublikasi dengan SINTA dan skala Internasional yang terindeks SCOPUS juga menjadi focus kegiatan WEBINAR sehingga peran dan partisipasi para dosen ditingkat fakultas, jurusan, program studi untuk berinteraktif dalam kegiatan seperti ini sangat diharapkan.

Dijelaskan pula mengenai Pusat Studi Publikasi Universitas Pattimura atau Publication Manager Center(PMC) yang terbentuk dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 475/UN13/SK/2020 yang merupakan perubahan atas Surat Keputusan Rektor Nomor 475/UN13/SK/2020, Diketuai oleh Fransisna S. Latumahina, M.Hut., MP,IIP dan Sekertaris Dr. Ravensy Ruhubregh, SH.,M.H yang beranggotakan 35 orang dan terdiri atas dua bidang, yakni Bidang Publikasi yang diketuai oleh drg. Ch.R.Titaley, MIPH., Ph.D dan Sekertaris Dr. Novalin S Lewaherilla, SE, MM dan Bidang Akreditasi Jurnal diketuai oleh Andre Lesnusa, S.Si., M.Si dan Mochtar Labetubun di Fakultas Hukum.

Tugas dari bidang publikasi adalah bagaimana mendorong semua hasil – hasil penelitian dari dosen-dosen UNPATTI untuk bisa dipublikasikan baik pada jurnal Nasional yang terakreditasi SINTA (S1-S6) dan minimal penelitian dosen masuk SINTA 3.

Sementara pada jurnal Internasional bisa terpublikasi pada jurnal yang terindek SCOPUS karena adalah persyaratan untuk pengusulan pangkat apalagi untuk pengusulan sampai di Guru Besar.

Tugas Bidang Akreditasi Jurnal itu adalah bagaimana mengarahkan, mendampingi dan membantu semua jurnal yang ada pada Universitas Pattimura untuk mendapatkan pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah dari sisi penilaian kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelilaan, ketepatan waktu terbit dan lain yang terkait semua berupaya agar jurnal yang terdapat di Universitas Pattimura  sudah terakreditasi SINTA tingkat 3 akan naik pada peringkat 1 atau 2 (S1-S2).

Rencana selanjutnya WEBINAR seri II akan dilaksanakan bulan Juli yang akan dikoordinir oleh Bidang Akreditasi jurnal yang lebih terfokus pada bagaimana mengelola jurnal sehingga bisa terakreditasi.(SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Pendidikan & Olahraga