SABUROmedia, Ambon – Setelah beberapa bulan selesai dibangun, gedung baru Puskesmas Pasahari B desa morokay yang baru resmi dan bisa difungsikan sebagai fasilitas kesehatan masyarakat di wilayah kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah.

Peresmian dilakukan oleh Abd Mujid Tuankotta., SE selaku Camat setempat setelah rencana awal akan diresmikan oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah batal dengan alasan Kadis tidak bisa hadir karena ada agenda penting lainnya diwaktu yang sama.

Dalam sambutannya camat  berharap gedung baru yang telah diresmikan ini dapat menjawab segala bentuk keluhan masyarakat terkait permasalahan kesehatan dengan memberikan pelayanan yang lebih maksimal dan prima demi tercapainya keberhasilan pembangunan bidang kesehatan dan menghasilkan SDM yang sehat dan berkualitas guna mendukung tercapainya visi pembangunan kesehatan Maluku Tengah.

Menurutnya masalah kesehatan adalah masalah mendasar yang akan terus menjadi perhatian pemerintah daerah. untuk itu segala hal yang perlu di upayakan demi peningkatan pelayanan faskes akan terus di tingkatkan termasuk salah satu faktor pendukungnya yakni permasalahan data kependudukan warga yang sampai saat ini diakuinya belum tuntas sehingga  masih terus di upayakan penyelesainnya.

” Alhamdulillah, bantuan pemerintah pusat melalui Dinas kesehatan kabupaten kita diberi dua buah gedung puskesmas, ini satu hal yang harus kita syukuri dan mudah mudahan salah satunya yang berada di morokay ini bisa lebih menjawab segala bentuk keluhan masyarakat. beberapa waktu lalu ada kasus gizi buruk di yang tidak terdeteksi lalu mencuat ramai dibicarakan di media sosial ketika di unggah sepihak oleh salah satu masyarakat, Berita ini sampai kepada Bupati sehingga melalui kordinasi cepat dengan semua jajarannya ada instruksi tegas agar faskes dan pelayanan kesehatan yang sudah ada segera di maksimalkan termasuk salah satunya disini “. tutur Tuankotta.

Dalam sambutan lainnya Sulami Amd.Gizi Selaku Kepala Puskesmas sangat bersyukur atas gedung baru yang telah di resmikan, menurutnya adanya sarana kesehatan dalam bentuk gedung yang memadai dan sarana medis memang sangat diperlukan sebagai penunjang kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat. Sejauh ini kata sulami puskesmas Pasahari B sudah memiliki 30 tenaga medis baik PNS maupun sukarela dan satu orang Dokter umum yang siap melayani masyarakat setiap saat tanpa terkecuali.untuk itu dengan di resmikannya gedung baru ini dirinya optimis pelayanan kesehatan masyarakat akan jauh lebih baik. Akunya memang masih ada banyak peralatan medis maupun meubeler yang perlu dilengkapi untuk memaksimalkan pelayanan. namun ia pun memahami jika semuanya tentu harus berproses mengikuti anggaran, Untuk inilah dalam sambutannya sulami berharap pemerintah daerah bisa memiliki perhatian dan tanggung jawab yang sama.

” Saya sangat bersyukur dan menyambut positif peresmian gedung ini, selain besar dan luas desain dari tata ruang Puskesmas sangat baik. Ini tentu akan sangat memudahkan kami para tenaga medis untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Terimakasih tak terhingga kepada pemerintah maupun segala pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunannya. Kedepan proses akreditasi akan berjalan lagi setelah tertunda akibat kondisi pandemi covid- 19, demi  mutu dan kualitas pelayanan saya sangat berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak baik kepala pemerintahan Negeri, Kecamatan dan pemerintah kabupaten. Terhitung hari ini gedung baru sudah kami tempati sesuai kelengkapan yang ada, dan sebaliknya gedung puskesmas lama akan di gunakan sebagai RTK ( Ruang tunggu Kelahiran ). Sehingga bagi pasien yang bertempat tinggal jauh dari puskesmas, misal dari luar desa morokay ruang tunggu ini bisa di gunakan selama menunggu proses persalinan, “ tutup Sulami”.

Dari Pantauan media yang berada langsung di lokasi kegiatan, acara berjalan dengan baik dan sangat mengikuti protokol kesehatan yang ada. Hadir dalam kegiatan Camat bersama seluruh stafnya, beberapa Kepala pemerintahan desa, Babhinsa dan Bhabinkamtibmas, beberapa tokoh masyarakat.

Acara di mulai dengan pembukaan, Menyanyikan lagu indonesia raya, lalu di ikuti oleh doa. Setelah sambutan kepala puskesmas Camat selaku wakil pemerintah daerah memberikan sambutan sekaligus meresmikan gedung yang ditandai dengan pemotongan Nasi tumpeng dan di berikan kepada Kepala puskesmas. (Aw/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *