SABUROmedia, Palas – Pemerintah pusat berjanji akan mengucurkan Bantuan Sosial (Bansos) melalui program berbentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin atau kurang mampu, selama masa pandemi COVID-19.

Kantor Pos Kecamatan Barumun yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin Kelurahan Pasar Sibuhuan Pagi ini Selasa 12/5/2020  terlihat diramaikan oleh para warga masyarakat Kelurahan Pasar Sibuhuan. Warga yang meramaikan ternyata adalah masyarakat miskin atau kurang mampu yang sedang antri menunggu realisasi Bansos dari Kementerian Sosial RI.  

Bantuan Sosial yang akan diterima sebesar Rp. 600 ribu rupiah kepada setiap kepala keluarga, yang pada kesempatan ini untuk masyarakat kelurahan Pasar Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas (Palas) yaitu sebanyak 939 kepala keluarga.

Sesuai Permendes nomor 6 tahun 2020 revisi Permendes nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, setiap penerima dana BLT akan menerima Rp. 600 ribu perbulan selama tiga bulan. Dengan tahap pertama pencairan dilaksanakan bulan Mei yang bertepatan di bulan puasa.

Bantuan ini berasal dari data pemerintah pusat untuk masyarakat kelurahan pasar sibuhuan kecamatan Barumun kabupaten Padang Lawas provinsi sumatera utara yang dicairkan kusus kepada warga yang terdampak bencana covid-19 melalui kantor pos sibuhuan, dengan data yang baru terampungkan sebanyak 939 KK ditahap pertama ini.

Bantuan ini ditargetkan pihak kantor pos akan selesai sampai hari kamis 14/5/2020 dan yang baru terselesaikan pada hari ini 12/5/2020 sebanyak 270 kepala keluarga. Seperti kabupaten dan provinsi lainnya bantuan ini disalurkan oleh kantor pos indonesia.

Pihak kantor pos telah menyusun jadwal dan mengkoordinasikannya kepada kepala desa dan kepala lingkungan untuk meneruskannya ke warga, jadwal ini bertujuan untuk menghindari kerumunan warga dalam jumlah banyak dalam artian kita juga wajib memperhatikan protokol kesehatan. Kata salah seorang petugas kantor pos.

Diharapkan kepada masyarakat atau warga yang belum mendapat agar bersabar sebab masih banyak sumber dana yang belum terelokasi seperti dari provinsi sumatera utara dan kabupaten padang lawas, sebab yg terealisasi ini baru dari Kemensos RI. Masih terus ada sampai 3 bulan kedepan yaitu  sampai bulan agustus. Tambah Pak Nas kepala Kantor Pos.

Salah seorang warga Pak Hasibuan berkata “Terima kasih saya ucapkan kepada pemerintah, ini sangat membantu apalagi menjelang lebaran ini,¬† sudah hampir 2 bulan saya gak kerja, keluar rumah saja saya takut” katanya seraya memasang maskernya kembali.

Data yg diterima kantor pos untuk kelurahan pasar sibuhuan kecamatan barumun sebanyak 939, sementara untuk wilayah kerja kantor pos sibuhuan yg menangani 5 kecamatan target penerima sebanyak 4000 kepala keluarga samapi bulan agustus mendatang.(SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *